Di KTT NATO, Yoon Janjikan Beri Bantuan Kemanusiaan ke Ukraina

News  
Photo: Yonhap
Photo: Yonhap

안녕하세여, 여러분들 (Annyeonghaseyo, yeorobundeul)...

Presiden Korea Selatan (Korsel) Yoon Suk Yeol tiba di Madrid, Spanyol pada Senin (27/6/2022) waktu setempat dalam perjalanan luar negeri pertamanya sebagai presiden. Dia dijadwalkan untuk menghadiri konferensi tingkat tinggi (KTT) NATO pada Rabu (29/6/2022) dan juga mengadakan serangkaian KTT bilateral dan multilateral di sela-selanya.

Menurut pejabat kepresidenan Korsel, Yoon akan bertemu dengan Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg. Yoon akan menjanjikan 100 juta dolar AS dalam bantuan kemanusiaan untuk Ukraina. Selain itu, presiden akan menguraikan rencana Korsel untuk mendirikan misi ke NATO di Brussels, Belgia, di mana organisasi tersebut bermarkas.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

"Dia juga akan berjanji untuk menandatangani program kerja sama baru antara Korsel dan NATO pada paruh kedua tahun ini," kata pejabat itu dilansir Yonhap, Selasa (28/6/2022).

Berdasarkan kesepakatan tersebut, kedua belah pihak akan berusaha untuk membangun kemitraan kerja sama strategis baru di luar bidang militer dan keamanan pada saat dunia menghadapi ancaman keamanan berlapis-lapis dan persaingan keamanan ekonomi yang ketat. Korsel dan NATO pertama kali menjalin kemitraan pada 2006. Keduanya mengembangkan kemitraan lebih lanjut melalui perjanjian dan revisi individu pada 2012, 2017 dan 2019.

Korsel bukan anggota NATO tetapi diundang ke KTT bersama dengan Jepang, Australia dan Selandia Baru sebagai mitra organisasi Asia-Pasifik. Yoon akan menjadi presiden Korsel pertama yang menghadiri KTT NATO.

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image