6 Drama Korea dengan Biaya Produksi Termahal, Ada yang Sampai Rp500 Miliar

Korea  

안녕하세여, 여러분들 (Annyeonghaseyo, yeorobundeul)...

Industri hiburan Korea Selatan (Korsel) melalui serial dramanya sukses menyabotase daftar tonton pemirsa di seluruh dunia. Serial-serial Korea tidak serta merta muncul begitu saja tapi juga membutuhkan biaya lebih banyak untuk menjadikannya bermutu dan berkualitas tinggi.

Belum lama ini, drama Korea pun mengalami peningkatan besar-besaran dari segi biaya produksi pembuatannya. Jika di awal 2000-an, 20 miliar won adalah angka yang jarang terlihat, maka kini, angka biaya 20 won adalah level terbawah.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Dilansir Kbizoom, Rabu (10/8/2022) berikut enam drama Korea dengan biaya produksi tinggi:

1. Extraordinary Attorney Woo (16 episodes): 20 miliar won atau sekitar Rp227 miliar

Pada paruh kedua tahun 2022, "Extraordinary Attorney Woo"menjadi K-drama paling populer. Selain penulisan yang konkret dan karakter yang menarik, drama ini juga sangat disukai karena kualitas produksinya. CGI dengan sinematografi paus favorit pemeran utama wanita, bersama dengan sinematografi, alat peraga, dan gaya, semuanya terbaik.

Untuk memfilmkan 16 episode dengan kualitas seperti itu, “Extraordinary Attorney Woo” menghabiskan 20 miliar won, yang merupakan jumlah yang sangat besar yang dulu hanya diperuntukkan bagi film-film box-office. Dan, mengejutkan, itu sama sekali bukan yang termahal di zaman sekarang ini.

2. Alchemy Of Souls (20 episode): 40 miliar won atau sekitar Rp455 miliar

“Alchemy Of Souls” menandai kembalinya duo penulis skenario legendaris Hong Sisters pada tahun 2022. Dengan konsep fantasi yang mengikuti penyihir dengan sihir unsur, serial ini sangat mahal untuk dibuat.

Khususnya, untuk menghidupkan efek magis dan pembangunan dunia baru, biaya produksi untuk “Alchemy Of Souls” mencapai 40 miliar won untuk 20 episode. Ini sebenarnya angka yang bisa dimaklumi, mengingat serial ini dipenuhi dengan CGI, adegan aksi, dan adegan ala bioskop.

3. Bulgasal (16 episode): 40 miliar won atau sekitar Rp455 miliar

Bulgasal juga sebuah drama fantasi dengan pemeran luar biasa yang terdiri dari Lee Jin-wook, Kwon Nara, Lee Joon, Gong Seung Yeon, dan banyak lagi. "Bulgasal" mengikuti “abadi” yang telah hidup selama lebih dari 600 tahun. Dengan sinematografi kualitas terbaik dan pembangunan dunia, 16 episode "Bulgasal" menelan biaya 40 miliar won untuk pembuatannya.

Sesuai dengan jumlah yang besar dan kuat ini, "Bulgasal" dipuji karena memiliki kualitas seperti film, dengan pembuatan film dan grafis yang sangat imersif. Sayangnya, tema yang berat dan alur cerita yang gelap membuat “Bulgasal” tampil buruk secara komersial. Namun demikian, "Bulgasal" adalah serial yang layak ditonton, dan siapa pun yang telah menontonnya sepertinya bakal langsung memuji serial ini.

4. Money Heist: Korea – Joint Economic Area (6 episode Part 1): Lebih dari 40 miliar won

"Money Heist: Korea" adalah salah satu produksi Netflix terbesar di tahun 2022, dan diadaptasi dari serial mega hit "Money Heist". Akibatnya, biaya produksinya melampaui jumlah yang luar biasa sebesar 40 miliar won. Saat ini, hanya bagian 1 yang terdiri dari 6 episode yang telah ditayangkan, sehingga tidak ada angka pasti. Meskipun demikian, “Money Heist: Korea” tidak diragukan lagi adalah salah satu K-drama termahal.

5. Moving (20 episode): 50 miliar won atau sekitar Rp568 miliar

Meskipun belum dirilis, “Moving” adalah proyek yang sangat dinanti dengan penampilan berbagai bintang top seperti Jo In Sung, Han Hyo Joo, Ryu Seung Ryong, Cha Tae Hyun, dan banyak lagi. Dengan biaya yang dilaporkan sekitar 50 miliar won, serial ini berhasil mencapai puncak “K-Drama 2022 Termahal.”

Biaya produksi "Moving", sebuah cerita tentang orang-orang dengan rahasia masa lalu yang menyakitkan, berjumlah 50 miliar won. Karena “Moving” adalah drama fantasi, efek CGI tidak bisa dihindari. Juga akan ada adegan aksi epik, yang menyebabkan biaya produksi tinggi. “Moving” telah selesai syuting dan saat ini dalam tahap pasca produksi sebelum dirilis di Disney+ pada akhir tahun ini.

6. The Accidental Narco (6 episode): 40 miliar won

K-drama dengan biaya produksi tertinggi No.1 tahun 2022 adalah seri asli Netflix mendatang "The Accidental Narco". 40 miliar won bukanlah angka terbesar dalam peringkat ini. Namun, "The Accidental Narco" hanya memiliki 6 episode, jadi setiap episode menelan biaya hampir 7 miliar won.

“The Accidental Narco” juga menampilkan pemeran all-star termasuk Ha Jung Woo, Hwang Jung Min, Park Hae Soo, Yoo Yeon Seokc, Berdasarkan kisah nyata, drama ini menggambarkan perjalanan seorang raja narkoba Korea di Amerika Selatan dan seorang pengusaha sipil yang terlibat dalam misi rahasia oleh Badan Intelijen Nasional.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

be here now

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image