Vietnam Minta Netflix Hapus K-Drama "Little Women" karena Distorsi Perang

News  

안녕하세여, 여러분들 (Annyeonghaseyo, yeorobundeul)...

Vietnam meminta Netflix untuk berhenti menayangkan serial drama Korea Selatan (Korsel) berjudul "Little Women." Vietnam menuduh drama tersebut mendistorsi peristiwa Perang Vietnam.

Dalam episode delapan dari 12 episode, seorang veteran perang dari Korsel terlihat membual tentang "rasio membunuh-mati" antara pasukan dari negaranya dan Viet Cong. Seperti tercatat dalam sejarah, lebih dari 320 ribu warga Korsel dikirim ke Vietnam antara 1964 dan 1973 untuk berperang bersama tentara AS.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Pasukan asing memang telah lama menghadapi tuduhan bahwa mereka melakukan pembunuhan massal terhadap warga sipil Vietnam. Sedangkan dalam veteran perang dalam serial "Little Women" menginformasikan pernyataan ke salah satu karakter utama dalam serial.

"Dalam pertempuran terbaik kami, rasio pembunuhan hingga mati untuk pasukan Korea adalah 20: 1. Itu adalah 20 Viet Cong yang terbunuh untuk satu tentara Korea," katanya dalam drama tersebut dikutip laman Channel News Asia, Kamis (6/9/2022).

Dia kemudian melanjutkan dengan mengatakan rasio itu bahkan lebih tinggi untuk kepentingan Korsel di antara tentara elit negara itu. Tidak diketahui berapa banyak tentara Vietnam Utara yang dibunuh oleh pasukan Korsel selama perang.

Dalam sepucuk surat yang dikirim ke Netflix, Otoritas Penyiaran dan Informasi Elektronik Vietnam mengatakan serial tersebut melanggar hukum negara terhadap mendistorsi sejarah, menyangkal pencapaian revolusioner, menyinggung bangsa dan pahlawan bangsa.

"Serial tersebut menyampaikan dialog antar karakter yang memuji kejahatan tentara bayaran Korea selama perang," lapor situs berita Vietnamnet.

Netflix kemudian diminta untuk menghapus serial "Little Women." Netflix hingga berita ini terbit belum menanggapi perihal isu ini.

Sejak 2020, Netflix telah menghapus tiga serti dari situsnya di Vietnam. Hal ini setelah pihaknya menerima keluhan dari otoritas lokal atas tuduhan melanggar kedaulatan negara.

Acara pengintai Australia Pine Gap dan rom-com Cina "Put Your Head on My Shoulder" ditarik dari Vietnam tahun lalu. Pada 2020 masing-masing karena adegan yang berisi peta Laut Cina Selatan yang menunjukkan klaim Beijing di jalur air titik nyala.

Drama politik AS Madam Secretary juga dihapus dari negara itu pada 2020 karena adegan yang memberi judul kota kuno Hoi An di Vietnam tengah sebagai "Fuling, Cina".

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Be here now

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image