Jin BTS Ajukan Pembatalan Tunda Wamil, Kemungkinan Lakukan Tugas Negara Akhir Tahun

News  
Foto: big Hit Entertainment
Foto: big Hit Entertainment

안녕하세요, 여러분들 (Annyeonghaseyo, yeorobundeul)...

Anggota tertua Bangtan Sonyeondan (BTS), Kim Seok-jin atau Jin telah mengajukan formulir pembatalan wajib militer (wamil) ke Military Manpower Administration (MMA) pada Jumat (4/11/2022) lalu. Langkah ini terjadi setelah pada 17 Oktober lalu, Big Hit Music mengumumkan rencana wamil seluruh anggota BTS yang dimulai dari Jin.

Jin (30 tahun) kemungkinan bergabung dengan militer pada akhir tahun ini atau Januari awal. Ini adalah wamilnya yang ditunda hingga batas usianya di bawah Undang-Undang Dinas Militer yang direvisi pada tahun 2020.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Keputusan itu muncul setelah perdebatan publik yang berkepanjangan mengenai apakah grup K-pop populer itu harus mendapatkan pengecualian sebagai pengakuan atas kontribusinya dalam meningkatkan citra negara. Di Korea Selatan (Korsel), semua pria berbadan sehat diwajibkan untuk bertugas di militer selama sekitar dua tahun, biasanya laki-laki di Korsel bisa mengajukan wamil dari usia 18 hingga batas 28 tahun.

Foto: big Hit Entertainment
Foto: big Hit Entertainment

Pembatalan wajib militer oleh Jin BTS ini menyusul penghargaan yang diperoleh BTS dari Presiden Korsel Moon Jae-in pada 2018: The Order of Cultural Merit Award. Penghargaan ini diberikan kepada warga Korsel yang telah berkontribusi luar biasa di bidang kebudayaan dan seni.

Prestasi BTS dianggap berkontribusi besar dalam menyebarkan budaya dan seni Korsel hingga mengenalkan Korea ke seluruh dunia. Dari penghargaan presiden tersebut, anggota BTS mendapatkan hak istimewa yakni penundaan wamil sampai usia 30 tahun.

Tahun ini, Jin berusia 31 dalam hitungan usia Korea. Jin sudah melewati batas penundaan wamil yang ia dapati dari hak istimewanya.

Penghargaan tersebut hanya dapat ditunda hingga Desember tahun ini. Jin pun membatalkan sendiri hak istimewa yang didapatkan dari pemerintah yang kini dinakhkodai oleh presiden Yoon Suk-yeol, untuk menunda wamil hingga Desember akhir tahun ini.

Jin dikatakan sudah mendaftarkan dirinya untuk menjalani kewajibannya melayani negara untuk wamil. Persyaratan wamil diantaranya; Administrasi Tenaga Kerja Militer akan memutuskan waktu pendaftaran Jin dan memberitahunya dengan mempertimbangkan rencana pendaftaran, persyaratan militer serta jumlah orang yang menunggu pendaftaran.

Pemberitahuan pendaftaran dirilis dalam waktu tiga bulan setelah permintaan pembatalan diajukan. Kendati begitu jika jumlah orang yang menunggu pendaftar kurang dari patokannya, maka orang yang bersangkutan dapat bergabung dengan militer dalam waktu dua bulan setelah penyerahan formulir pembatalan mereka.

Jika November ini Jin mengajukan pembatalan wamil, maka hyung tertua BTS ini kemungkinan mulai menjalani wamilnya pada Januari. Selain itu, Jin dapat mendaftar sebagai tentara aktif di Pusat Pelatihan Nonsan atau kamp pelatihan unit garis depan di tahun 2023.

Jumlah orang yang mendaftarkan wamilnya selepas bulan Oktober terbilang sangat sedikit, sebab telah memasuki musim dingin. Sementara Jin, yang dikenal sangat tidak menyukai suhu dingin mendaftarkan wamilnya pada November awal ini.

Selamat wamil ya uri hyung! lancar semuanya. ARMY menunggumu...

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Be here now

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image