Jin BTS Wamil Hari Ini, Apa Itu Wamil? Mengapa Warga Korsel Harus Wamil?

News  
Layar TV menampilkan gambar anggota BTS Jin di Stasiun Kereta Api Seoul di Seoul, Korea, Senin (12/12/2022). Foto:  AP-Yonhap
Layar TV menampilkan gambar anggota BTS Jin di Stasiun Kereta Api Seoul di Seoul, Korea, Senin (12/12/2022). Foto: AP-Yonhap

안녕하세여, 친구들 (Annyeonghaseyo, chingudeul)...

"Baiklah, saatnya untuk curtain call," kata Jin BTS di Weverse pada hari keberangkatan wajib militer (wamil)-nya, Selasa (13/12/2022).

"(Aku selalu ingin melakukan ini ketika aku pergi ke militer)"

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

"(Ini adalah dialog karakter permainan 'Jin')" tambah Jin dengan banyak spasi setelah komentar pertama.

Jin BTS atau Kim Seok-jin akhirnya mengemban tugas negara untuk wamil di batas usianya ke-30 pada hari ini. Pengamanan ketat keberangkatannya hari ini dilakukan pihak berwenang bekerja sama dengan perusahaan agensi BTS, Big Hit Entertainment.

Dalam pernyataannya kemarin, Big Hit mengimbau para fans (yang disebut ARMY) maupun media dan wartawan untuk tidak ke tempat awal keberangkatan Jin. Khawatir terjadi keramaian yang sangat padat, Jin akan masuk ke base camp dengan mobil tanpa adanya salam ke fans ataupun media.

Pada Minggu (11/12/2022), Jin juga mengunggah foto dirinya dengan rambut cepak plontos sebelum ia bersiap memasuki masa wamilnya.

Jin update Weverse, Minggu (11/12/2022).
Jin update Weverse, Minggu (11/12/2022).

Jin (30 tahun) akan bergabung dengan unit pusat pelatihan dasar di Yeoncheon, Provinsi Gyeonggi pada hari ini, Selasa (13/12/2022) dan akan selesai pada 12 Juni 2024. Jin dikatakan akan dikerahkan ke unit garis depan setelah menjalani pelatihan selama lima pekan.

Jin adalah anggota BTS pertama yang bergabung dengan militer. Enam anggota grup lainnya yakni RM, Suga, Jimin, J-hope, V dan Jungkook juga akan mendaftar di militer secara berurutan.

Koferensi Pers PTD. Foto: Korea Times.
Koferensi Pers PTD. Foto: Korea Times.

Jin yang lahir pada 1992, mendapatkan penangguhan wamil hingga akhir tahun ini di bawah undang-undang yang direvisi yang memungkinkan mereka yang unggul dalam budaya dan seni populer untuk menunda layanan mereka hingga usia 30 tahun.

Apa itu Wajib Militer (wamil)?

Wajib militer di Korea Selatan adalah partisipasi wajib warga negara laki-laki yang berbadan sehat dalam pendaftaran tugas aktif. Kegiatan lain yang melibatkan dinas militer adalah pekerjaan sosial, penelitian, pendaftaran cadangan dan wajib militer penuh waktu, dan tenaga teknis industri, untuk beberapa nama.

Semua pria Korea barusia 18 hingga 35 tahun harus menjalani wamil selama 18 bulan hingga 23 bulan. Dulu, wanita diperbolehkan wamil, namun kini wanita tidak diwajibkan untuk melakukan dinas militer.

Sebagian besar peserta wamil cenderung lebih muda ketimbang dari Jin. Dilansir laman Korea Times, pada 2021 sekitar 84 persem pria yang menjalani wamil berusia 20 atau 21 tahun.

Foto: Yonhap
Foto: Yonhap

Militer memiliki tiga cabang, yakni Angkatan Darat, Angkatan Laut dan Angkatan Udara. Selama lima minggu pertama, para tamtama akan menjalani pelatihan dasar. Mereka akan dikerahkan ke unit setelah itu.

Unit mana untuk para selebritas dan apa yang dilakukan?

Dulu ada unit khusus untuk selebritas, yang memungkinkan mereka tampil untuk prajurit tamtama lainnya. Namun militer menyingkirkannya pada tahun 2013 setelah beberapa selebritas dilaporkan tertangkap meninggalkan pangkalan tanpa izin untuk mengunjungi panti pijat ilegal.

Insiden itu menjadi skandal besar yang melibatkan selebritas lain, dan tuduhan diajukan terhadap mereka atas perilaku tidak etis di luar kamp militer.

Sejauh hingga kini, selebritas biasanya mendaftar untuk bergabung dengan unit band militer, yang penyanyi, artis, dan teknisi suaranya menggelar acara untuk sesama anggota angkatan bersenjata.

Angkatan Darat juga mementaskan musikal. Serial musikal bertema militer ― judul terbarunya adalah "Blue Helmet: A Song of Meisa" ― memiliki banyak penggemar karena daftar pemeran produksi menyatukan selebriti yang biasanya tidak tampil di panggung yang sama.

Kementerian pertahanan negara mengatakan Jin diizinkan untuk mengikuti acara atau pertunjukan nasional jika dia mau.

Mengapa wamil menjadi hal serius di Korsel?

Korea Selatan memiliki undang-undang yang mewajibkan warga laki-lakinya untuk latihan militer. Hal ini untuk mempertahankan diri dari ancaman negara tetangga bersenjata nuklir, Korea Utara.

Tetapi undang-undang mengizinkan pengecualian khusus untuk beberapa orang, termasuk atlet, musisi, dan lainnya yang meningkatkan prestise negara. Pengecualian baru diberikan kepada mereka untuk penundaan hingga usia 30 tahun.

Foto: Business Insider
Foto: Business Insider

Apa yang akan terjadi jika menolak dinas militer?

Keberatan terhadap dinas militer, dengan alasan apa pun, tidak diperbolehkan dan akan berujung pada hukuman penjara. Warga negara ganda juga harus memilih satu kewarganegaraan pada ulang tahun ke-18 mereka dan tidak harus menyelesaikan dinas militer mereka jika mereka mencabut kewarganegaraan Korea mereka.

Namun, sejak saat itu, mereka akan dianggap sepenuhnya sebagai orang asing oleh pemerintah Korea. Begitu banyak orang Korea yang tinggal di luar negeri memilih untuk mempertahankan kewarganegaraan mereka dan kembali ke Korea pada usia 20-an untuk menyelesaikan dinas militer mereka.

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image