Korsel Ikut Meriahkan HUT RI, Namsan Tower Berubah Merah Putih

News  
Korsel turut meriahkan Hut kemerdekaan RI. Dok KBRI Seoul
Korsel turut meriahkan Hut kemerdekaan RI. Dok KBRI Seoul

안녕하세여, 친구들 (Annyeonghaseyo, chingudeul)...

Korea Selatan (Korsel) turut merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 RI kemarin, Kamis (17/8/2023). Perayaan HUT RI di Negeri Gingseng menjadi lebih menarik tahun ini dengan dinyalakannya LED berwarna merah dan putih di City Hall Kota Seoul dan N Seoul Tower (Namsan Tower).

Dua lokasi tersebut merupakan landmarks Kota Seoul yang terkenal dan menjadi pusat keramaian di Kota Seoul. "Ini merupakan salah satu upaya diplomasi Indonesia di Korea Selatan, untuk meningkatkan awareness bagi masyarakat Korea Selatan tentang Indonesia," kata Duta Besar Korsel untuk Indonesia Gandi Sulistiyanto dalam rilis pers KBRI Seoul pada Kamis.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

KBRI Seoul pun melaksanakan rangkaian upacara pengibaran dan penurunan bendera dalam rangka memperingati HUT ke-78 RI pada Kamis. Upacara pengibaran bendera dilaksanakan pada pukul 09.00 waktu setempat.

Duta Besar RI Seoul Gandi Sulistiyanto, bertindak sebagai Inspektur Upacara, sedang Atase Pertahanan KBRI Seoul, Kolonel (Pnb.) Akal Juang, bertindak selaku Komandan Upacara. Pada pukul 17.00 sore harinya, upacara penurunan bendera dilaksanakan dengan Wakil Kepala Perwakilan KBRI Seoul, Ibu Zelda Wulan Kartika, sebagai Inspektur Upacara, dan Mayor Inf. Robertus Asep K, sebagai Komandan Upacara.

Upacara tersebut diikuti oleh sekitar 150 peserta yang terdiri dari pejabat dan staf KBRI Seoul, Indonesia Trade Promotion Center (ITPC) Busan, Indonesia Investment Promotion Center (IIPC) Seoul, Dharma Wanita Persatuan KBRI Seoul, sejumlah BUMN Indonesia di Korea Selatan, wakil organisasi masyarakat, diaspora, pelajar dan media Indonesia.

Setelah upacara, seluruh peserta mengikuti acara syukuran yang ditandai dengan pemotongan tumpeng oleh Dubes Sulis. Dalam sambutannya, Dubes Sulis menggarisbawahi pentingnya kerja keras dan kolaborasi antar seluruh unsur masyarakat yang berada di Korea Selatan untuk membangun Indonesia meski berada jauh dari Tanah Air. Sesuai tema HUT ke-78 RI, yaitu ‘Terus Melaju untuk Indonesia Maju’, KBRI Seoul berkomitmen melanjutkan estafet perjuangan membangun Indonesia dari Negeri Ginseng melalui kerja sama di berbagai bidang strategis dengan Korea Selatan serta memberikan pelayanan optimal bagi seluruh WNI di wilayah Korea Selatan.

Sebagai bentuk perayaan HUT RI ke-78 di Korea, KBRI Seoul telah menyelenggarakan rangkaian kegiatan sejak tanggal 29 Juli 2023, diawali dengan jalan santai keluarga besar KBRI Seoul dan BUMN Indonesia di Seoul, permainan bersama keluarga, pertandingan bowling, serta pertandingan olah raga seperti catur dan tenis meja.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Be here now

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image