Mengenal Gangguan Mental dalam Drama Korea Daily Dose of Sunshine

Korea  
Poster Daily Dose of Sunshine. Dok: Netflix
Poster Daily Dose of Sunshine. Dok: Netflix

안녕하세여, 친구들 (Annyeonghaseyo, chingudeul)...

*Ditulis oleh: Ratna Puspita

Trigger Warning: Konten ini berisi cerita yang berkaitan dengan kesehatan mental

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Spoiler Alert: Konten ini berisi beberan atau spoiler dari drama Korea berjudul Daily Dose of Sunshine

Drama Korea dengan latar rumah sakit telah menjadi genre tersendiri dengan sebutan genre medical drama atau drama medis berkat kesuksesan dan popularitas serial seperti Hospital Playlist, Dr Romantic, Doctor John, dan Dr Cha. Namun, tidak banyak drama medis yang memfokuskan pada cerita psikiatri.

Netflix merilis serial Korea bergenre drama medis yang fokus pada Departemen Neuropsikiatri Rumah Sakit Myungshin University. Serial ini berfokus pada kehidupan Jung Da-Eun (diperankan oleh Park Bo-Young) yang merupakan perawat di Departemen Neuropsikiatri yang sebelumnya bertugas di Departemen Penyakit Dalam.

Serial ini bertujuan meningkatkan awareness dan kepedulian terhadap penderita gangguan mental. Serial ini mencoba menempatkan gangguan mental sebagai penyakit yang setara dengan penyakit yang menyerang fisik.

Gangguan dapat dialami oleh siapapun, apapun jenis kelaminnya, usianya, atau pekerjaannya. Perawatan gangguan mental juga sama dengan sakit pada fisik, yakni di rumah sakit dan diberikan obat untuk mengurangi gejala.

Serial ini juga tidak berfokus pada satu faktor tunggal sebagai penyebab gangguan mental, melainkan lingkungan sosial yang sangat kompleks sebagai pemicu penyakitnya. Berikut gangguan mental yang muncul dalam //Daily Dose of Sunshine//:

1. Depresi

Jung Da-Eun selalu berusaha mengerjakan pekerjaannya dengan baik, termasuk menyatakan bahwa ia baik-baik saja ketika setelah perlakuan tidak menyenangkan dari pasien. Pada suatu hari, Jung Da-Eun tiba-tiba merasa putus asa, sedih, menangis, dan mengatakan bahwa dia tidak baik-baik saja.

Jung Da-Eun mengatakan bahwa ia tidak bisa seperti orang lain yang kembali hidup seperti biasa karena ia sebenarnya tertahan di tempat yang sama. Jung Da-Eun memutuskan untuk berhenti kerja sementara untuk beristirahat.

Potongan adegan Daily Dose of Sunshine. Dok: Netflix
Potongan adegan Daily Dose of Sunshine. Dok: Netflix

Namun, ia justru lebih banyak menghabiskan waktunya di tempat tidur. Jumlah waktu tidurnya makin bertambah setiap hari. Jung Da-Eun juga kehilangan selera makan dan mengatakan bahwa ia tidak ingin melakukan apapun.

2. Gangguan Obsesif Kompulsif (OCD)

Dong Go-Yun (Yeon Woo-Jin) merupakan dokter spesialisas proktologi atau dokter spesialis bedah rektum dan anus. Dong Go-Yun sering membunyikan jari tangan berulang kali.

Potongan adegan Daily Dose of Sunshine. Dok: Netflix
Potongan adegan Daily Dose of Sunshine. Dok: Netflix

Dong Go-Yun tidak dapat mengendalikan tindakan tersebut dan tidak menyadari melakukan tindakan tersebut secara berlebihan. Jika tidak melakukannya, ia merasa takut dan cemas berlebihan.

Tindakan yang dilakukan Dong Go-Yun sangat mengganggu orang-orang di sekitarnya. Karena itu, ia memeriksaan diri dan didiagnosis menderita obsessive compulsive disorder (OCD).

3. Gangguan Panik

Serial ini menampilkan dua karakter yang menderita gangguan panik atau panic disorder, yakni sahabat Jung Da-Eun, Song Yu-Chan (Jang Dong-Yoon), dan perawat baru Ji Seung-Jae (Yoo In-Soo). Dalam sebuah diskusi internal, para dokter dalam serial ini menjelaskan bahwa pasien gangguan panik memiliki emosi inti (core emotion), yakni ketakutan bahwa kematian segera terjadi.

Potongan adegan Daily Dose of Sunshine. Dok: Netflix
Potongan adegan Daily Dose of Sunshine. Dok: Netflix

Pasien mengetahui bahwa dia tidak berada dalam kondisi akan mati atau sekarat dan bahwa apa yang dia rasakan adalah serangan panik. Namun, dia tetap merasakan kepanikan itu dan tidak bisa melawan ketakutan itu.

Pasien gangguan panik selalu khawatir dia akan mengalami serangan panik ketika berada dalam situasi yang memungkinkan memunculkan serangan panik. Kondisi itu yang membedakan pasien dengan gangguan panik dan orang yang tidak memiliki gangguan tersebut. Orang tanpa gangguan panik tidak bisa memahami ketakutan yang dialami oleh pasien meski si pasien dan dokter sudah menjelaskannya.

4. Gangguan Bipolar

Serial ini menampilkan Oh Ri-Na (Jung Woon-Sun) yang menderita gangguan bipolar. Serial ini menyebutkan gangguan bipolar sebagai kondisi kesehatan mental yang ditandai dengan keadaan manik ketika pasien memiliki energi berlebih dan depresi yang datang setelah episode manik.

Dokter Hwang Yeo-Hwan (Chang Ryul) menyebutkan bahwa pasien gangguan bipolar memiliki energi yang berlebihan sehingga ia tidak bisa berhenti bicara, sangat mudah berganti topik dan sangat mudah terdistraksi, menjadi sangat terbuka dan mudah bergaul, serta rentan melakukan pembelian impulsif dan kehilangan akal sehat.

Potongan adegan Daily Dose of Sunshine. Dok: Netflix
Potongan adegan Daily Dose of Sunshine. Dok: Netflix

Pasien mungkin juga tertarik pada perilaku seksual yang tidak biasa. Dalam beberapa kasus berat, pasien mengalami halusinasi atau delusi. Oh Ri-Na yang sudah menikah mengira ia memiliki hubungan romantis dengan seorang bartender.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Be here now

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image