UNESCO Tetapkan Jamu Indonesia Sebagai Warisan Budaya Takbenda

Mancanegara  
Dok: Instagram retno_marsudi
Dok: Instagram retno_marsudi

Bangga sekali! UNESCO menetapkan jamu sebagai warisan budaya takbenda!

Hal ini diumumkan oleh Menteri Luar Negeri (Menlu) RI Retno Marsudi beberapa waktu lalu. Menlu Retno menerima sendiri sertifikasi tersebut setelah sidang penetapan yang dilakukan pada Desember 2023.

"Sebelum kembali ke Jakarta, secara resmi saya menerima sertifikat asli penetapan Budaya Sehat Jamu sebagai Warisan Budaya TakBenda Dunia UNESCO dari Dubes/Delegasi Tetap RI untuk UNESCO," ujar Menlu Retno Marsudi melalui Instagram resminya seperti dikutip di Jakarta pada Selasa (6/2/2024).

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Retno mencatat, bahwa Inskripsi Budaya Sehat Jamu ditetapkan pada Sidang Komite Konvensi Warisan Budaya Takbenda/WBTB (Intangible Cultural Heritage/ICH) UNESCO ke-18 di Kasane, Botswana pada akhir tahun lalu yaity 6/12/23.

Dok: Instagram retno_marsudi
Dok: Instagram retno_marsudi

Budaya Jamu Sehat ini, kata Menlu Retno, meliputi keterampilan tradisional dan nilai-nilai budaya yang terkait dengan obat-obatan alami tradisional. Obat-obatan itu terbuat dari tumbuh-tumbuhan dan rempah-rempah serta metode pengobatan tradisional yang bertujuan meningkatkan kesehatan melalui peningkatan kekebalan tubuh.

"UNESCO juga mengakui bahwa Budaya Kesehatan Jamu mendukung Tujuan Pembangunan Berkelanjutan, termasuk Kesehatan dan Kesejahteraan, Kesetaraan Gender, Produksi dan Konsumsi yang Bertanggung Jawab, dan Kehidupan di Darat," pungkas Menlu Retno.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Be here now

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image