Menilik Makna MV 'ON' BTS yang Tembus 300 Juta Penayangan di YouTube

Musik  
Soompi
Soompi

Chingudeul... ARMY yeorobun....

Music Video (MV) lagu 'ON' BTS telah melampaui 300 juta penayangan di YouTube, Sabtu (19/3/2022) waktu setempat. Ini diumumkan resmi oleh Big Hit Music selaku agensi Bangtan Soenyandan (BTS).

"Video untuk lagu utama dari full album keempatnya "Map of the Soul: 7" yang dirilis pada Februari 2020 mencapai tonggak sejarah sekitar pukul 16.00 pada Jumat," kata Big Hit Music.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

'ON' menjadi video musik ke-19 BTS yang mencapai 300 juta penayangan di YouTube. BTS memiliki total 36 video musik dengan lebih dari 100 juta penayangan di platform musik global, dengan "Boy with Luv," "DNA" dan "Dynamite" masing-masing mencapai 1,4 miliar hit.

Membedah MV 'ON'

Sejak perilisannya, MV 'ON' mengundang spekulasi teori dari ARMY. Dalam BTS Episode, Jungkook mengungkapkan teorinya sendiri untuk karakternya.

"Saya melakukannya dengan baik di dalam tembok, tetapi saya memiliki kekuatan khusus ini," katanya mengutip laman Cheat Sheet. "Dan orang-orang melihat dan berkata 'dia iblis' dan mengurung saya lalu mengusir saya dari tembok."

Membaca Peta MV 'ON'

Video musik 'ON' dimulai di tempat yang nampak seperti medan perang. Jin berdiri di tengahnya dan kemudian transisi video beralih ke Jungkook yang tengah melarikan diri dari sesuatu.

Dari beberapa adegan pertama, kita tahu bahwa ada sesuatu yang langka. Tampilan mereka di video itu tampak seperti dunia distopia. Pakaian kuno/apostolik dan orang-orang mati terlihat di sekelilingnya. Mungkin saja mereka mati dari perang.

Saat video berlanjut, nada berubah secara dramatis dari adegan penasaran/kejar-kejaran menjadi suasana yang lebih gelap dan seperti pemujaan. Video juga menunjukkan adanya dinding raksasa yang mulai terbuka. Di balik dinding ternyata ada tebing menuju singgasana ke atas. Semua anggota bersama dengan pengikut mereka, masuk ke dinding itu.

Namun, hanya RM, Jin, Suga, J-Hope, Jimin, V dan Jungkook yang memanjat tebing ini dan diakhir adegan musik video, hanya Jungkook berlari ke tepi. Saat MV akan berakhir, suasana menjadi terang dan damai. MV itu kemudian meninggalkan penggemar dengan teks yang mengatakan:

"No More Dream" dan kemudian beralih menjadi "Dream" karena mimpi itu kini telah tercapai.

Kemungkinan Teori Makna

Sepanjang video musik, banyak penggemar dapat menemukan simbol atau referensi yang familiar di lini dunia ini. Mulai dari batu kebanggaan dari Lion King hingga Kapal Bahtera Nuh.

Bahtera Nuh (Alkitab)

BTS telah membuat berbagai referensi alkitab pada musik video sebelumnya, seperti video musik Blood Sweat and Tears mereka. Di BSAT, mereka menampilkan lukisan dan malaikat dari segala jenis.

Namun dalam video musik 'ON', Namjoon ditembak di samping kapal kayu besar, dengan dua pasang hewan menaiki kapal. Sama seperti di Alkitab.

Jin juga tampaknya memegang sangkar burung dengan seekor merpati, di mana dia melepaskannya setelah terungkap di balik gerbang.

Tebing yang berada di balik tembok, bisa jadi merupakan simbol perdamaian dan kebebasan, seperti halnya merpati yang dilepasliarkan. Referensi ke bahtera juga bisa mewakili perubahan mendadak yang akan dialami dunia.

Transisi ke subtone yang lebih gelap dari kultus dan aspek "negatif" dari dunia yang akan dihapus yang merupakan satu-satunya tujuan bahtera dalam Alkitab, membasuh semua kejahatan saat ini.

Lion King

Kemudian penampakan tebing di balik tembok sebenarnya sangat mirip dengan batu kebanggaan Lion King. Ini bisa mewakili harapan, kebebasan, dan kedamaian. Menyelesaikan konflik batin yang pernah mereka alami.

Lord of the Flies

Jika kalian tidak terlalu akrab dengan Lord of the Flies, ini adalah novel dystopian yang mengikuti kisah sekelompok anak laki-laki yang mencoba bertahan hidup di pulau yang terdampar. Menemukan tema konflik antara sifat manusia (kebiadaban) dan peradaban (dan aturan dan ketertibannya).

Salah satu karakter bahkan menggunakan keong untuk memanggil ketertiban di antara anak laki-laki lain, tetapi seiring berjalannya cerita, kekacauan meningkat dan anak laki-laki tidak pernah sama. Mirip dengan video musik 'ON' setelah Jungkook meniup keong, kegelapan memenuhi langit dan video beralih menjadi gelap dan seperti pemujaan.

Game Of Thrones

Selain itu, banyak ARMY yang juga fans Game Of Thrones menyebut kesamaan adegan awal MV dengan Battle of the Bastards. Dalam pertarungan ini, Rob Stark dan Jon Snow terlibat dalam pertempuran dengan Ramsay yang akhirnya menang karena mereka menerima bantuan dari klan lain.

Namun dari tampilan video musik 'ON', kita melihat sekumpulan mayat tergeletak di lantai, tapi tidak tahu apa yang sebenarnya terjadi.

Birdbox

Seperti film Birdbox, di MV BTS 'ON', BTS menggambarkan burung sebagai semacam simbol perdamaian atau kebebasan. Taehyung terlihat dengan seorang gadis muda dengan penutup mata.

Penutup mata itu sendiri bisa menjadi simbol kepercayaan dan begitu Taehyung melepasnya, dia memegang tangan gadis itu dan bersama-sama mereka berjalan melewati dinding.

Mitologi Yunani

Kisah Prometheus dimulai dengan kebaikannya terhadap umat manusia. Ia mempertaruhkan nyawanya untuk memberikan hadiah api kepada umat manusia.

Namun, dilihat sebagai pengkhianat oleh dewa-dewa lain, Prometheus dihukum selamanya dengan dipatuk hatinya hidup-hidup oleh burung. Dia bereinkarnasi hanya untuk menderita lagi.

Jika kita menonton video musik 'ON', kita bakal melihat Jungkook melarikan diri dari sesuatu, yang mungkin menggambarkan dia sebagai pengkhianat. Dia pun terborgol tangannya dengan duri.

Di sebelah Hoseok, kita dapat menemukan mayat di bawah. Mayat itu sebenarnya adalah Jungkook, jika kita melihat lebih dekat, saat dia dipatuk (hidup) oleh seekor burung. Saat kegelapan naik, Jungkook juga terlihat memegang keong (kekuatan), hadiah untuk manusia.

Omelas

Simbol 'Omelas' pertama kali muncul di video musik 'Spring Day' BTS. Berdasarkan, "The Ones Who Walk Away from Omelas" sebuah narasi fiksi filosofis oleh Ursula K. Le Guin.

Menggambarkan kisah sebuah kota utopis Omelas, yang didukung oleh kesengsaraan seorang anak. Memerangi tema individualisme vs masyarakat dan masyarakat apa yang akan mengorbankan kebahagiaan seseorang untuk mendukung kebahagiaan lebih banyak orang.

Banyak penggemar berspekulasi Jungkook adalah anak dari Omelas itu. Dia menderita hanya untuk memberikan kebahagiaan kepada anggota lain.

Runut pada MV Sebelumnya

Jika diperhatikan lebih dekat pada Taehyung dan gadis kecil pada MV 'ON', mereka sebenarnya mirip dengan karakter animasi dari MV ‘Make it Right’. Seorang pria berambut gelap dan seorang gadis pirang berbaju biru pada 'Make it Right'.

Banyak ARMY meyakini bahwa adegan kultus MV 'ON' dengan Yoongi bisa menyerupai adegan di video musik "Interlude: Shadow". Estetika merah dan gagak/sekte yang tidak diinginkan mengelilinginya.

Dan tentu saja, jubah hitam adalah referensi langsung ke MV 'Fake Love' mereka (versi diperpanjang) atau mewakili kegelapan/bayangan mereka yang dihancurkan. Membuka hidup mereka untuk kecerahan dan kegembiraan di hati mereka.

Source Theory from Mad Meaning

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image