Mengenal Perfect All Kill, Predikat Tertinggi Tangga Lagu Korea Selatan dan Peraihnya

Musik  

Hai Chingudeul!

Di akhir pekan kali ini, aku mau ajak Chingudeul mengenal istilah-istilah predikat dalam tangga lagu Korea Selatan. Chingudeul pasti pernah kan membaca berita tentang penyanyi maupun boy band yang meraih Perfect All kill (PAK), Certified All Kill (CAK) atau Real-time All Kill (RAK) usai meluncurkan single lagu mereka.

Predikat ini didapat sejauh mana lagu tersebut menempati peringkat teratas tangga lagu di enam situs musim skala besar Korea yakni Melon, Genie, Mnet, Bugs, Naver, dan Soribada. Predikat ini juga memiliki tingkat kesulitan berbeda-beda. Nah apa sebetulnya, PAK, CAK dan RAK ini? Mari kita kupas satu-satu!

Perfect All kill

Gelar Perfect All kill ini adalah gelar tertinggi yang tingkat kesulitannya mencapai 100 persen. Penyanyi atau grup yang berhasil meraih predikat ini jika lagunya berhasil merajai semua tanggal lagu baik harian, mingguan, grafik chart real-time. Predikat ini menandai kesuksesan musisi Korea dan seberapa besar lagu mereka dapat diterima masyarakat.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Namun, karena tingkat kesulitan tinggi, tidak banyak musisi Korea yang mampu menembus predikat ini. Dalam tiga tahun ke belakang bisa dihitung penyanyi maupun grup yang berhasil mendapatkan predikat ini.

Pada 2019 hanya ada enam lagu yang mendapat predikat Perfect All kill yakni Boy with Luv dari BTS, Workaholic dari Bolbbalgan4, How Can I Love Heartbreak, You're The One I Love dari AKMU, Fame dari MC Mong, dan IU dengan dua lagu sekaligus yakni Love Poem dan Blueming.

Lalu pada 2020 ada delapan lagu yakni Dynamite dari BTS, How You Like That dari BLACKPINK, Eight dari IU feat Suga BTS, Give You My Heart dari IU, Any Song dari ZICO, Beach Again dari SSAK3, Don’t Touch Me dari Refund Sisters dan VVS featuring JUSTHIS oleh Miranni, Munchman, Khundi Panda, dan MUHSVENOM.

Sedangkan pada 2021, hanya ada sembilan yakni Celebrity dari IU, LIlac IU, Rollin dari Brave Girls, Butter dari BTS, Foolish Love dari MSG Wannabe M.O.M, Stay dari The Kids LAROI dan Justin Bieber, Savage dari aespa, Strawberry Moon dari IU dan sokodomo - MERRY-GO-ROUND.

Untuk 2022 ini, baru satu grup yang berhasil meraih predikat ini yakni lagu Tomboy dari comeback (G)I-DLE di album I Never Die.

Dari catatan tersebut, penyanyi yang paling banyak memperoleh predikat Perfect All kill adalah IU dengan 20 lagu, Bigbang lima lagu, BTS dan TWICE 4 lagu.

Certified All Kill (CAK)

Predikat selanjutnya adalah Certified All Kill (CAK) yang diberikan jika lagu berhasil menempati peringkat teratas tidak hanya pada grafik real-time namun juga grafik harian di keenam tangga lagu utama, serta nomor satu di karegori real-time iChart.

Posisi ini memiliki tingkat kesulitan lebih tinggi yakni hingga 75 persen karena lagu tersebut harus sedang didengarkan oleh hampir semua pengguna keenam situs musik utama tersebut. Lagu yang telah sampai pada level ini relatif lebih mudah mendapat predikat Perfect All Kill.

Real-time All Kill (RAK)

Sedangkan Real-time All Kill (RAK) yang juga dikenal sebagai All Kill diberikan pada lagu yang menempati posisi teratas keenam tangga lagu utama Korea secara real-time atau pada waktu yang bersamaan. Posisi ini relatif lebih mudah dicapai para penyanyi karena tingkat kesulitannya hanya 35 persen, dan biasanya penggemar akan merujuk pada laman iChart yang telah mengompilasikan keenam tangga lagu dalam satu wadah.

Nah itu dia Chingudeul, semoga bisa menambah informasi kalian ya!

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Memberi dan menerima

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image