Lebih dari 300 Judul Drakor Sudah Ditonton Warga Indonesia

News  

안녕하세여, 여러분들 (Annyeonghaseyo, yeorobundeul)...

Siapa chingu yang ngga pernah nonton drama Korea alias drakor? Hayo ngaku. Pasti semua sudah pernah, meski sekali nonton drama dari negeri gingseng kan....

Salah satu media melakukan survei terhadap kebiasaan menonton drama masyarakat Indonesia. Survei yang dilakukan Katadata Insight Center (KIC) bersama Zigi.id mengungkapkan, lebih dari 300 judul drama Korea sudah ditonton oleh warga Indonesia.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Descendants of The Sun menjadi K-Drama yang paling banyak disukai responden yaitu 8,8 persen. Analis riset dan survei KIC Rizky Aggia mengatakan, survei dilakukan secara daring dengan jumlah 1.609 responden dalam rentang waktu 20-29 Juni 2022.

"Banyaknya pilihan K-Drama yang ada membuat sangat beragamnya jawaban responden. Dari survei ini setidaknya terlihat lebih dari 300 judul drama sudah ditonton orang Indonesia,” kata Rizky dalam siaran pers yang diterima Republika Chingudeul, Senin (25/7/2022).

Hal ini ia katakan saat menjadi pembicara dalam webinar Korean Day di sesi Launching Korean Survei KIC X ZIGI: Potret Aktivitas dan Belanja Penggemar Korea di Indonesia, sehari sebelumnya, Minggu (25/7/2022).

Berdasarkan survei tersebut, lima drama Korea yang paling disukai setelah Descendants of the Sun adalah Goblin (6,5 persen), Vincenzo (5,9 persen) dan True Beauty serta Squid Game (5,5 persen).

"Drama Korea mencuri perhatian publik Indonesia sejak tayangnya Winter Sonata pada 2002 dan Endless Love pada 2000 di layar TV Indonesia. Tayangan inilah yang diyakini menjadi gerbang masuknya Korean Wave ke Indonesia,” jelas Rizky.

Dari riset tersebut mengungkapkam bahwa K-Drama adalah hiburan asal Korea Selatan yang paling banyak disukai di Indonesia dengan jumlah 74,6 persen responden, diikuti K-Pop (Boyband) sebanyak 68,1 persen responden dan K-Pop (Girlband) 62,5 persen responden.

Platform yang paling banyak digunakan oleh responden dalam menyaksikan K-Drama adalah Netflix (40,5 persen), Viu (38.8 persen), Disney+ Hotstar (19,6 persen), serta Iflix (11,6 persen).

Tingginya animo warga Indonesia terhadap film dan juga musik Korea berpengaruh terhadap pola konsumsi. Produk-produk yang terkait dengan idola mereka pun mulai diburu.

"Lebih dari 70 persen responden masih mempertimbangkan harga sewaktu membeli produk Korea disusul promo atau diskon serta rating dari review produk tersebut. Ternyata tokoh idola yang menjadi ambassador dari produk tertentu belum menjadi jaminan karena hanya 20 persen responden yang mengaku membeli produk Korea atas pertimbangan tersebut," ungkap Rizky.

Namun, setidaknya 48 persen responden mengakui membeli produk yang direkomendasikan oleh K-Pop/Aktor/Aktris Korea. Informasi lengkap tentang hasil survei Potret Aktivitas dan Belanja Penggemar Korea di Indonesia bisa diakses di databoks.id/tags/zigi-korean-day-2022.

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image