Selangkah Lagi Tarian Topeng Tradisonal Korea Jadi Warisan Budaya Takbenda UNESCO

Korea  
Foto: Korea Times
Foto: Korea Times

안녕하세여, 여러분들 (Annyeonghaseyo, yeorobundeul)...

Tarian topeng tradisional Korea atau "talchum" dalam bahasa Korea, hampir pasti akan ditambahkan ke daftar Warisan Budaya Takbenda UNESCO.

Menurut situs UNESCO pada Selasa (1/11/2022), "Talchum, Drama Tari Topeng di Republik Korea" direkomendasikan untuk dimasukkan ke dalam daftar. Talchum dimasukan dalam daftar tersebut selama pertemuan subpanel Komite Antar Pemerintah untuk Perlindungan Warisan Budaya Takbenda.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Melansir Korea Times, keputusan akhir akan dibuat dalam rapat komite ke-17 bulan depan.

Korea Selatan (Korsel) memiliki 20 entri dalam dalam daftar Warisan Budaya Takbenda UNESCO. Itu terdiri dari Representatif Warisan Budaya Takbenda Kemanusiaan dan Daftar Warisan Budaya Takbenda yang Membutuhkan Perlindungan Mendesak.

Foto: Korea Times
Foto: Korea Times

Bentuknya termasuk "ssireum," atau gulat tradisional Korea, yang ditulis pada 2018 setelah upaya bersama oleh Korea Selatan dan Korea Utara.

Sementara itu 'talchum' menggabungkan tarian dengan narasi yang menyertainya dan memiliki karakteristik seni pertunjukan dan drama. Seperti pertunjukan komunal tradisional Korea lainnya, talchum mengandalkan humor dan sindiran untuk menggambarkan masalah sosial.

Genre melibatkan interaksi dua arah dan mengandalkan respon penonton, seperti ejekan dan sorak-sorai, untuk meramaikan pertunjukan. Administrasi Warisan Budaya mempertimbangkan pengaruh talchum pada seni modern Korea dalam aplikasinya untuk prasasti dalam daftar UNESCO.

Menurut agensi tersebut, pengulangan talchum dalam sejarah Korea membantu meningkatkan identitas dan kelangsungan komunitas Korea.

Talchum memiliki banyak variasi yang berbeda tergantung pada daerah. Saat ini, 13 versi regional, termasuk yang berasal dari Tongyeong, Yangju dan Pukchong di Korea Utara, diklasifikasikan sebagai Warisan Budaya Takbenda Nasional.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Be here now

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image