Penggemar Musikal Korsel Kecewa dengan Harga Tiket yang Semakin Melambung

Korea  
Foto: Korea Times
Foto: Korea Times

안녕하세요, 여러분들 (Annyeonghaseyo, yeorobundeul)...

Musikal "Moulin Rouge!" diumumkan diputar perdana di Asia di Blue Square Hall di pusat kota Seoul bulan depan. Penggemar tentu sangat antusias.

Namun ketika harga tiket diumumkan, para penggemar kehabisan kata-kata dan menjadi sangat kecewa. Harga tiket VIP adalah 180.000 won atau setara Rp2.160.000. Harga ini hampir 20 persen lebih tinggi daripada kebanyakan musikal lainnya.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

"Saya tidak akan bisa menonton pertunjukan teater di masa depan, jika harga tiket terus naik seperti ini," kata seorang penggemar musik dikutip laman Korea Times. "Sepertinya akan segera mencapai 200.000 won."

CJ ENM, perusahaan produksi di balik "Moulin Rouge!" mengatakan kenaikan harga tidak bisa dihindari.

"Adaptasi Korea-nya adalah replika dari produksi Broadway asli, jadi kualitasnya harus setara dengan versi aslinya," kata perusahaan itu. "Biayanya 28 juta dolar aS untuk membawa 'Moulin Rouge!' ke Broadway, jadi kami juga membutuhkan banyak uang untuk membawa semua alat peraga dari luar Korea. Kami juga harus membayar royalti untuk sekitar 70 lagu pop yang ditampilkan dalam pertunjukan," tambah CJ ENM.

Namun penjelasan CJ tidak berhasil meredakan kemarahan para penggemar musikal yang sudah tak sabar untuk menonton musikal pemenang 10 kali Tony Award itu. Berdasarkan film 2001 dengan nama yang sama, musikal diatur di Paris selama Belle Epoque (1871―1880) dan berkisah tentang seorang komposer muda bernama Christian, yang jatuh cinta dengan Satine, bintang klub kabaret, Moulin merah.

"Moulin Merah!" bukan satu-satunya pertunjukan yang menimbulkan perdebatan karena tiketnya yang mahal. Hit Broadway lainnya, "West Side Story" yang akan mulai ditayangkan di Chungmu Art Center di Seoul pada 17 November juga membuat orang terkejut dengan menjual tiket VIP seharga 160.000 won. Perusahaan produksinya, SHOWNOTE, menjelaskan bahwa biaya produksi melonjak mengikuti inflasi, tetapi banyak orang masih mengeluh tentang harga.

Foto: Korea Times
Foto: Korea Times

Sebelum 2010, tiket VIP untuk pertunjukan musik sering dijual seharga 120.000 won. Tetapi naik menjadi 150.000 pada tahun 2018, memicu kenaikan harga tiket untuk kursi lain juga.

Orang dalam industri menunjukkan bahwa industri musikal harus merancang strategi pemasaran baru dan menawarkan sesuatu yang lebih kepada penonton teater, yang jika tidak akan menyerah menonton musikal.

"Kita perlu menciptakan lingkungan di mana perusahaan produksi dapat memperoleh keuntungan tanpa (lebih lanjut) menaikkan harga tiket," kata Won Jong-won, kritikus teater musikal dan profesor seni pertunjukan di Universitas Soonchunhyang, seperti dikutip.

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image