Ketika Kim Jong-un untuk Pertama Kalinya Tunjukkan Wajah Sang Putri

News  
Kim Jong-un briefing ke militer di hadapan putri dan istrinya. Cr: Yonhap News Agency
Kim Jong-un briefing ke militer di hadapan putri dan istrinya. Cr: Yonhap News Agency

안녕하세여, 친구들 (Annyeonghaseyo, chingudeul)...

Kantor berita resmi Korea Utara (Korut) untuk pertama kalinya menampilkan wajah putri pemimpin Kim Jong-un, Sabtu (19/11/2022). Foto tersebut menunjukkan Kim dan sang putri menonton uji coba rudal balistik antarbenua atau intercontinental ballistic missile (ICBM) hari sebelumnya.

Korean Central News Agency (KCNA) melaporkan bahwa Kim memantau peluncuran Hwasong-17, rudal balistik terbesar negara itu, di Bandara Internasional Pyongyang pada Jumat.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

"Dia hadir di tempat kejadian bersama dengan putri dan istri tercintanya," kata KCNA dikutip laman Yonhap News Agency, Sabtu.

Foto-foto yang dirilis oleh KCNA menunjukkan putrinya mengenakan jaket musim dingin berwarna putih berdiri dan tengah berjalan bersama dengan Kim di depan rudal yang ajeg di peluncur. Dia juga terlihat menyaksikan ayahnya menginstruksikan pejabat militer.

Kim dan putrinya melihat rudal ICBM siap diluncurkan. Cr: Yonhap News Agency
Kim dan putrinya melihat rudal ICBM siap diluncurkan. Cr: Yonhap News Agency

Ini menandai penampilan resmi pertamanya di media pemerintah. Korut tidak pernah mengkonfirmasi keberadaan anak-anak Kim meskipun berspekulasi bahwa Kim dan istrinya, Ri Sol-ju, melahirkan anak pada 2010, 2013 dan 2017.

KCNA melaporkan Kim menyatakan tanggapan tegas nuklir terhadap ancaman oleh Amerika Serikat selama inspeksi di tempat. Tipe baru Hwasong-17 terbang 999,2 kilometer selama 4.135 detik pada puncak 6.040,9 km dan mendarat di perairan internasional Laut Timur.

"Uji coba itu dengan jelas membuktikan keandalan sistem senjata strategis utama yang baru untuk mewakili kekuatan strategis DPRK dan kinerja tempurnya yang kuat sebagai senjata strategis terkuat di dunia," katanya dalam sebuah laporan berbahasa Inggris. DPRK adalah akronim untuk nama resmi Korea Utara, Republik Rakyat Demokratik Korea.

Kim mengatakan bahwa peluncuran ICBM telah menegaskan kembali akuisisi rezimnya dari kemampuan yang kuat dan dapat diandalkan untuk melawan ancaman nuklir.

Kim Jong-un ajak sang putri pantau peluncuran rudal. Cr: Yonhap News Agency
Kim Jong-un ajak sang putri pantau peluncuran rudal. Cr: Yonhap News Agency
Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

be here now

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image