Cerita WNI Muslim: Hijab Masih Menjadi Momok Menakutkan Bagi Orang Tua di Korea

Korea  

Di mana tempat-tempat yang mudah ditemukan untuk beribadah bagi Muslim di sana?

Banyak di kota-kota besar ada beberapa tempat yang menyediakan fasilitas mushola/masjid, seperti di Seoul, Lotte World, Itaewon, dan masih ada beberapa tempat lain yang kita bisa temukan tempat sholat di dalamnya, atau restoran Indonesia/Malaysia gitu juga biasanya suka menyediakan tempat sholat gitu.

Juga, kampus-kampus biasanya ada menyediakan prayer room untuk mahasiswa-mahasiswa muslim yang ingin sholat.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Ina bersama dosen ketika lulus perkuliahan di Korsel. Dok: Pribadi
Ina bersama dosen ketika lulus perkuliahan di Korsel. Dok: Pribadi

Apakah ada komunitas Muslim di Korsel yang Anda ikuti?

Komunitas Muslim di sini biasanya beragam dari berbagai negara. Seperti misalnya kalau dari Indonesia, ada komunitas khusus muslimahnya gitu namanya @rumaisa_korsel. Komunitas ini cukup membantu untuk para muslimah yang ingin tetap mempertahankan nilai-nilai keislaman walaupun tinggal di Korea.

Mereka juga sering mengadakan berbagai macam aktivita, seperti taklim bulanan, acara makan-makan dan masak-masak atau liburan bareng, atau biasanya pas lagi Ramadhan kemarin, acara rutin tahunan yang biasa dilakukan Rumaisa yaitu RumaisaBerbagiTakjil dimana mereka menyalurkan takjil ke seluruh masyarakat muslim Indonesia yang ada di Korea.

Ada juga komunitas lain namanya @imuska_korea, komunitas ini juga komunitas muslim Indonesia di Korea, kalau Rumaisa khusus untuk muslimah saja, kalau @imuska_korea ini general untuk muslim dan muslimah. Untuk kegiatannya kurang lebih mirip sama @rumaisa_korea seperti kajian rutin, makan2/masak2/jalan2 bareng dan sebagainya.

Bagaimana Anda merayakan Hari Raya Idul Fitri dan Idul Adha di sana?

Idul fitri kemarin, saya merayakan Idul fitri di KBRI Seoul. Idul Fitri 2023 ini pertama kalinya KBRI Seoul kembali mengadakan Shalat Idul Fitri berjamaan dan Open House setelah 3 tahun vakum karena pandemi.

Lebaran kemarin ramai, dan untuk pertama kalinya juga saya merasakan vibes Idul Fitri di Korea seperti di Indonesia bersama masyarakat Indonesia lainnya setelah 3 tahun sebelumnya hanya merayakan Idul Fitri di masjid dekat kampus.

Selain shalat Idul Fitri bersama dan juga halal bihalal bersama masyarakat Indonesia lainnya, KBRI juga menyediakan opor ayam dan lontong, gratis, jadi vibesnya bener2 berasa di Indonesia banget hahaha. Di sana juga ada beberapa Youtuber Indonesia di Korea yang datang dan merayakan idul fitri bersama seperti Kimbab Family dan juga Bianca Kartika.

Untuk perayaan Idul Adha kali ini rencananya akan Shalat Idul Adha di KBRI Seoul melihat serunya merayakan acara Idul Fitri kemaren di KBRI. Tapi sepertinya tidak ada acara potong kambingnya nih kalau di Korea hahaha

  Ina bersama teman-teman Muslim Indonesia saat merayakan Hari Raya Lebaran. Dok: Pribadi
Ina bersama teman-teman Muslim Indonesia saat merayakan Hari Raya Lebaran. Dok: Pribadi

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image