Memahami Gangguan Panik dari Jennie Blackpink, Lee Doona, dan Daily Dose of Sunshine

Korea  
Jennie Blackpink. Dok: Instagram @jennierubyjane
Jennie Blackpink. Dok: Instagram @jennierubyjane

안녕하세여, 친구들 (Annyeonghaseyo, chingudeul)...

*Ditulis oleh: Ratna Puspita

Trigger Warning: Konten ini berisi cerita yang berkaitan dengan kesehatan mental

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Spoiler Alert: Konten ini berisi beberan atau spoiler dari drama Korea berjudul Doona dan Daily Dose of Sunshine

Jennie BLACKPINK menjadi salah satu idol asal Korea Selatan yang kerap disebut menderita gangguan panik (panic disorder). Berdasarkan berita di media massa dan unggahan penggemar di media sosial, Jennie kerap mendapatkan serangan panik (panic attack) ketika berada di atas panggung atau bandara.

Serial Netflix, Doona, yang tayang pada 20 Oktober 2023 menggambarkan bagaimana seorang idol mengalami serangan panik di atas panggung. Lee Doo-Na (diperankan oleh Bae Suzy) merupakan mantan anggota girl group bernama Sweet Dream dan tinggal di sebuah indekos.

Pada episode 2 serial ini, Doona berada di bawah panggung sembari mendengarkan teriakan penonton. Dia tampak cemas dan mengatakan kepada manajernya bahwa dia tidak bisa bernyanyi malam ittu karena kecemasannya meningkat.

Cuplikan adegan Doona. Dok Netflix
Cuplikan adegan Doona. Dok Netflix

Namun, manajernya memaksa Doona naik ke atas panggung dan menyebut alasannya sebagai "omong kosong." Doona menuruti manajernya naik ke atas panggung dan tampil bersama empat anggota lainnya di atas panggung.

Doona berusaha menyanyi dan menari. Namun, selama tampil, ingatan mengenai kehidupan di belakang panggung seperti selalu menjadi pusat perhatian, relasi dengan orang-orang di tempat bekerja, dan tulisan buruk tentang dirinya di media massa muncul di kepalanya.

Doona mulai kehilangan konsentrasi dan kecemasannya kian meningkat sehingga dia pingsan. Kejadian itu membuat Doona tidak ingin lagi tampil di atas panggung dan ia menarik diri dari kehidupan gemerlap dunia hiburan.

Lanjut membaca klik (2) di bawah ini

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image