Tari Klasik India Ramaikan Perayaan 75 Tahun Hubungan Diplomatik Indonesia-India

Mancanegara  
Dok: Kedutaan Besar India di Jakarta
Dok: Kedutaan Besar India di Jakarta

Kedutaan Besar India, Jakarta merayakan 75 tahun hubungan diplomatik antara India dan Indonesia pada 2024 ini. Perayaan sepanjang tahun ini akan dimulai dengan pertunjukan tari klasik “Odissi” yang spektakuler yang diselenggarakan oleh Pusat Kebudayaan India Jawaharlal Nehru.

Acara pembuka di Jakarta akan digelar pada 26 Januari hingga 27 Januari 2024. Pertunjukan tari Odissi juga akan digelar di Bali, Surabaya, Purwakarta, dan Batam.

Pertunjukan tari Odissi akan ditampilkan oleh “Gunjan Dance Academy” yang bergengsi dari India. India dan Indonesia memiliki hubungan sejarah dan budaya yang mendalam. Pedagang dari Gujarat telah lama menjalin hubungan dengan tempat-tempat seperti Aceh dan Surabaya. Unsur budaya India terdapat dalam berbagai kata Sansekerta dalam Bahasa Indonesia. Epos terkenal seperti Ramayana, Mahabharata masih dikenang di Indonesia.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Kedua negara menjalin hubungan diplomatik pada tahun 1949. Presiden Soekarno menjadi tamu utama pada Hari Republik India yang pertama pada tahun 1950. Demikian pula, Perdana Menteri pertama India, Jawaharlal Nehru mengunjungi Bandung, Indonesia untuk Konferensi Asia Afrika yang bersejarah yang diadakan pada tahun 1955.

Kedua negara meningkatkan hubungannya ke tingkat Kemitraan Strategis Komprehensif pada tahun 2018 saat kunjungan Perdana Menteri Narendra Modi ke Indonesia. India dan Indonesia juga memiliki Visi Bersama tentang Kerjasama Maritim India-Indonesia di Indo-Pasifik.

Baca lebih banyak artikel dan lihat jadwal pertunjukkan Odissi klik (2) di bawah

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Be here now

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image