News

Duta Promosi Budaya Korea di Indonesia Pererat Jejaring di Networking Day 2025

Direktur KCCI dalam pembukaan. Foto: KCCI

안녕하세여, 친구들 (Annyeonghaseyo, chingudeul)...

Para duta promosi budaya Korea di Indonesia, yakni K-Influencer dan Wartawan Kehormatan Korea.net, berkumpul dalam acara "2025 K-Influencer & Honorary Reporter Networking Day" yang digelar di Jakarta, Jumat (25/4/2025). Acara ini mempertemukan para kreator konten dan penulis yang bertugas mempromosikan budaya Korea secara global.

Acara dimulai dengan pembukaan dari Direktur Korea Culturan Center Indonesia (KCCI). Kemudian dilanutkan dengan kuliah khusus bertema "K-Culture di Indonesia, Tren dan Masa Depan", yang dibawakan oleh jurnalis senior Ron.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Ia membagikan pandangannya tentang perjalanan panjang budaya Korea di Indonesia. Menurut Ron, pada tahun 2010-2011, ketertarikan terhadap Korea masih dianggap tabu.

Ron membagikan pengalamannya kepada para K-influencer dan Honorary Reporters. Foto: Fergi Nadira

"Dulu, siapa yang suka Korea, apalagi kalau cowok, sering dipandang sebelah mata. Tapi sekarang sudah jauh lebih terbuka. K-pop dan K-drama diterima luas, bahkan menjadi bagian dari budaya populer," ujar Ron di hadapan para peserta.

Selain itu, acara ini juga menjadi ajang berbagi pengalaman. Salah satu peserta, Thoriq Hafidz, yang aktif sebagai K-Influencer dan Wartawan Kehormatan, mengungkapkan kegemarannya dalam membuat konten dan menulis tentang Korea.

Foto: Fergi Nadira

"Saya suka menulis dan membuat konten. Lewat program ini, saya bisa berbagi kecintaan saya terhadap budaya Korea dengan lebih banyak orang," katanya.

Program K-Influencer dan Wartawan Kehormatan merupakan inisiatif Kementerian Kebudayaan, Olahraga, dan Pariwisata Republik Korea untuk memperluas promosi budaya Korea ke dunia. K-Influencer berfokus pada pembuatan konten video, sementara Wartawan Kehormatan berkontribusi lewat artikel di situs Korea.net.

Pada tahun ini, sebanyak 95 K-Influencer dan 96 Wartawan Kehormatan asal Indonesia resmi bergabung dalam program ini. Program ini terbuka untuk pencinta Korea dari seluruh dunia dan memiliki masa tugas selama satu tahun.

Bagi lima K-Influencer yang terpilih dari seluruh dunia, akan mendapatkan tiket gratis 10 hari untuk merasakan pengalaman langsung budaya Korea di Negeri Gingseng. Begitupun Wartawan Kehormatan, akan dipilih satu negara satu perwakilan untuk ke Korea secara gratis.

Sejalan dengan acara tersebut, Kementerian Kebudayaan, Olahraga, dan Pariwisata Korea juga membuka pendaftaran untuk program Korean Culture Content Creators 2024. Program ini mengundang masyarakat global untuk bergabung sebagai K-Influencer dan Wartawan Kehormatan guna mempromosikan Korea ke dunia.

"Ini kesempatan emas untuk lebih dekat dengan budaya Korea dan berbagi pengalaman Anda dengan dunia," demikian pernyataan resmi dari kementerian.

Kegiatan para K-Influencer dapat diikuti melalui kanal YouTube @Kinfluencer dan akun Instagram @k_influencer_official, sementara tulisan para Wartawan Kehormatan dipublikasikan di situs Korea.net Indonesian Service.

Berita Terkait

Image

Meski Global, Chart Musik Korea Masih Penting untuk Masa Depan K-Pop

Image

5 Drama Korea yang Mengajarkan Kita untuk Tumaninah dan Menyembuhkan Diri

Image

Jin BTS Siap Hadirkan Gema Kehidupan Lewat Album Echo

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Jangan bersedih. Apapun yang hilang dari dirimu akan diganti dalam bentuk lain. Rumi