Debut NMIXX, Girlband Baru JYP Entertainment Dituding Plagiat

News  

Hai Chingudeul!

Salah satu 3 agensi besar, JYP Entertainment telah mengumumkan girlband baru bernama NMIXX pada 26 Januari lalu. NMIXX sudah dinantikan banyak penggemar bahkan sebelum mereka debut. Tahun lalu, JYP memperkenalkan member NMIXX melalui serangkaian video dance dan cover lagu.

NMIXX terdiri dari tujuh anggota. Mereka adalah Kyujin, Jiwoo, BAE, Jinni, Sullyoon, Haewon, dan Lily. Pada Selasa (22/2), NMIXX resmi debut dengan single album AD Mare dan lagu utama “O.O.” Music Video (MV) “O.O” menampilkan beberapa konsep berbeda, mulai dari pesona kuat hingga penuh warna.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Keragaman citra dalam MV mencerminkan genre yang luas dalam lagu. Ini sesuai dengan konsep grup NMIXX dengan suara eksperimental yang menggabungkan berbagai genre untuk menciptakan genre baru dari MIXX POP.

Namun, debut NMIXX mendapat reaksi yang beragam dari warganet. Meskipun semua member menunjukkan bakat luar biasa, MV “O.O” tak terlepas dari dugaan plagiarisme dari MV grup lain. Ini membuat JYP Entertainment mendapat kritik dan kecaman.

Salah seorang akun Twitter Va @vasilissaadair menemukan beberapa pengambilan gambar dalam MV mirip dengan MV ATEEZ “Illusion.”Dalam video itu, ATEEZ memiliki konsep dengan tema bajak laut. Kapal yang mirip di MV “Illusion” muncul di MV “O.O.” Cuitan Va menjadi viral dan mendapat balasan, retweet, serta ribuan suka dari warganet lain.

sumber: @vasilissaadair
sumber: @vasilissaadair

“Terlalu mirip jika disebut hanya kebetulan. Ini sangat mengecewakan, karena JYP tidak memiliki ide orisinal yang dimasukkan ke dalam girlgroup mereka,” ujar @hongstaryeo.

Meskipun sebagian besar penggemar setuju sangat normal untuk video yang berbeda memiliki set dan tema yang sama, tetapi video harus tetap memiliki konsep unik yang berbeda dari yang lain.

sumber: @vasilissaadair
sumber: @vasilissaadair

“Orang yang mencuri ide hanya mendapatkan apa yang mereka dapatkan sedangkan mereka yang jenius akan selalu menciptakan ide baru,” ucap @paigemyname.

Selain dugaan plagiarisme dalam MV, warganet juga mengklaim genre baru grup “MIXX POP” tidak persis baru atau asli seperti yang diklaim JYP Entertainment. Sebab, konsep tersebut pernah dilakukan oleh girlband aespa.

“Nggak bilang kalau NMIXX flop. Cuma JYP bilang kalau genre ini pertama kali yang membawakan NMIXX. How about SNSD, RV, and aespa? Nggak ada yang bisa menyaingi Next Level dan I Got A Boy,” kata @Nazlr113.

Terlepas dari dugaan plagiarisme ini, lagu “O.O” tetap enak didengar dan bisa dinikmati di platform YouTube dan Spotify. Saat ini, MV “O.O” sudah ditonton lebih dari 4 juta kali. Kamu bisa menontonnya di sini ya!

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image