Diduga Lakukan Suap karena Undang Lebih dari 100 Pers ke Konser BTS, HYBE Buka Suara

News  
BTS_twt
BTS_twt

안녕하세요 (Annyeonghaseyo) ARMY yeorobundeul...

Agensi BTS, HYBE dikabarkan mengundang sekitar 100 reporter dari media Korea Selatan (Korsel) untuk meliput konser BTS Permission to Dance on Stage di Las Vegas, Amerika Serikat (AS). Namun langkah HYBE ini berujung pada dugaan suap ke media-media tersebut.

Seperti dilansir laman Media Today Korsel, Sabtu (9/4/2022), pada 17 Maret lalu HYBE telah mengirimkan email kepada wartawan dan koresponden Korsel yang berkecimpung di dunia hiburan dan terkait dengan ekonomi. HYBE mengundang mereka untuk berangkat ke Las Vegas dan meliput konser dan konferensi pers BTS.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

HYBE akan membayar penuh seluruh biaya tiket pesawat, akomodasi, makanan, dan tes COVID-19. Tanggungan biaya itu masing-masing untuk staf surat kabar dan media online, dan 3 staf (kameramen, audio, reporter) untuk perusahaan penyiaran.

Namun, tindakan HYBE mengarah pada dugaan suap sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Kim Young Ran. UU itu melarang pejabat publik (termasuk jurnalis, guru sekolah swasta, dan pasangannya) menerima hadiah lebih dari 50 ribu won (sekitar Rp584) atau 100 ribu won (sekitar Rp1,1 juta) di acara-acara pribadi seperti pernikahan dan pemakaman. UU juga membatasi pengeluaran makan malam hingga 30 ribu won (sekitar Rp350 ribu) per orang.

HYBE pun angkat bicara mengenai isu dugaan penyuapan ini. "Konser Las Vegas sangat besar bagi BTS, tetapi penting bagi HYBE karena ini mengaktualisasikan rencana kami untuk 'menghubungkan kota dan konser.' Sulit bagi kami untuk mewujudkan ide ini karena berbagai tindakan pencegahan COVID-19. Karena pembatasan yang relevan telah dihapus dan kebijakan karantina untuk pengunjung asing juga telah dicabut, kami dapat berbagi visi kami dengan pers," kata HYBE.

HYBE juga mengaku telah berkonsultasi dengan kuasa hukum dan mempertanyakan Komisi Pemberantasan Korupsi dan Hak Sipil. Pihaknya menjelaskan bahwa apa yang dilakukan HYBE tidak melanggar hukum. Biaya transportasi, akomodasi, dan makanan yang disediakan oleh penyelenggara tidak termasuk sebagai hadiah larangan dari Kim Young Ran Act.

Dispatch juga mengatakan bahwa tidak semua media Korsel menerima undangan HYBE. Mereka telah memesan tiket sejak awal Maret 2022 untuk Las Vegas, jauh sebelum undangan HYBE dikirim.

BTS_twt
BTS_twt
Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Be here now

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image