Berkat Squid Game, Postingan Online tentang Budaya Korsel Meningkat Drastis

News  

Annyeong, chingu-deul!

'Squid Game' terus memberikan dampak yang mengesankan pada persepsi global budaya pop Korea. Jumlah postingan online yang terkait dengan budaya pop Korea meningkat sekitar 30 kali lipat setelah perilisan drama Netflix Original yang populer tersebut, menurut sebuah laporan yang diterbitkan di surat kabar Korea Sports Kyunghyang.

Badan Pertukaran Budaya Internasional Korea pada Senin (18/4/22), bersama dengan Kementerian Kebudayaan, Olahraga, dan Pariwisata, mengumumkan temuan ini, yang merupakan hasil dari analisis data besar tentang status dampak budaya pop Korea di luar negeri.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Analisis ini melibatkan semua konten di YouTube, Reddit, Rotten Tomatoes, dan media luar negeri lainnya dari Juni hingga Desember tahun lalu, dilansir di Allkpop.

Di YouTube, rata-rata 2.300 video yang terkait dengan budaya pop Korea diunggah per minggu dari Juni hingga Agustus, tetapi sejak rilis 'Squid Game' pada 17 September, jumlah rata-rata posting per minggu meningkat menjadi 70.600 pada bulan Desember, 30 lipat meningkat. Jumlah video terkait K-drama meningkat dari 200 per minggu di bulan Agustus menjadi 6.000 di bulan November.

Pada minggu ketiga Oktober, lima video teratas semuanya ditempati oleh 'Squid Game', dan jumlah total penayangan video ini adalah 450 juta, membuktikan popularitas pertunjukan yang meledak-ledak. Jumlah video terkait K-pop juga meningkat dari 2.000 per minggu di minggu ketiga September menjadi 60.000 per minggu di minggu keempat November.

Badan Pertukaran Budaya Internasional Korea menyimpulkan bahwa, setelah rilis 'Squid Game', minat pada budaya pop Korea secara umum menyebar, dan konten direproduksi oleh fandom dan konsumen umum. Juga terungkap bahwa jumlah video yang dibuat ulang telah meningkat, seperti orang-orang yang merekam lagu K-Pop atau cover dance melalui akun pribadi mereka.

Ketertarikan pada budaya pop Korea telah meningkat tidak hanya di postingan video tetapi juga di komunitas online dan di situs ulasan. Pada awal September, jumlah postingan terkait budaya pop Korea di Reddit adalah 15 ribu hingga 16 ribu per minggu, tetapi menunjukkan peningkatan sementara di bulan Oktober ketika melebihi 20 ribu.

Di Rotten Tomatoes, jumlah ulasan konten budaya pop Korea naik dari kurang dari 20 per minggu sebelum rilis 'Squid Game' menjadi 130 setelah rilis. Jumlah artikel terkait budaya pop Korea di media luar negeri juga meningkat lebih dari dua kali lipat sejak pemutaran perdana 'Squid Game.' Studi ini menganalisis 28 outlet media di 15 negara.

Sebelum rilis 'Squid Game', rata-rata mingguan rata-rata artikel terkait budaya pop Korea adalah 16,6, dan setelah rilis, jumlahnya meningkat tajam, dengan rata-rata 133,3 laporan per minggu di bulan Oktober.

Menurut penelitian ini, penyebutan K-Pop menyumbang lebih dari setengah dari total sebesar 54 persen, diikuti oleh K-drama sebesar 32,5 persen. Kata kunci utamanya adalah grup BTS dan 'Squid Game.' Sementara itu, sebelumnya telah dikonfirmasi bahwa 'Squid Game' akan kembali untuk musim kedua.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Just a writer.

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image