Hari Ini Korsel Rayakan Hari Hangeul ke-576

History  
Photo: Asia Society
Photo: Asia Society

안녕하세여, 여러분들 (Annyeonghaseyo, yeorobundeul)...

제 576돌 한글날

Selamat Hari Hangeul!

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Setiap tanggal 9 Oktober, Korea Selatan memperingati hari aksara Korea, yaitu Hangeul. Tahun ini merupakan perayaan Hari Hangeul atau #한글날 yang ke-576.

Hangeul diciptakan oleh Raja Sejong atau 세종대왕.

Dilansir laman dari 90 Day Korea, Minggu (9/10/2022), Hari Hangeul menjadi hari libur nasional. Tanggal peringatan Hari Hangul di Korea memang sangat bervariasi sejak dimulainya hari itu pada tahun 1926. Namun sejak 1945, Korea menetapkan tanggal 9 Oktober digunakan sebagai Hari Hangeul.

Dalam sejarahnya, selama abad ke-15, orang Korea menggunakan karakter Cina untuk menulis. Karakter-karakter ini dikenal sebagai "Hanja" dan kadang-kadang masih terlihat di Korea, terutama di kalender.

Karena bahasa Korea secara tata bahasa sangat berbeda dari bahasa Cina, menulis bahasa Korea menggunakan Hanja adalah tugas yang hampir mustahil. Akibatnya, hanya orang-orang elit di Korea yang melek huruf.

Pada tahun 1443, Raja Sejong memutuskan bahwa akan lebih baik bagi Korea jika bahasa Korea memiliki alfabet sendiri sehingga ia menciptakan Hangeul. Pada 1446, alfabet baru dinyatakan sebagai sistem penulisan resmi Korea.

Terlepas dari semua manfaat Hangul, namun penggunaanya hampir punah selama dinasti Choseon. Para elit saat itu ingin mempertahankan status mereka dan, sebagai hasilnya, melihat karakter Cina sebagai satu-satunya cara yang benar untuk menulis bahasa Korea. Pada awal abad ke-16, Hangul secara efektif dilarang oleh raja, dan pusat pendidikan yang mengajarkan Hangul ditutup.

Namun, Hangul bangkit kembali pada abad ke-19 dan berangsur-angsur menjadi lebih umum, terutama karena perannya dalam nasionalisme Korea selama pendudukan Jepang. Bahkan setelah Korea memperoleh kemerdekaannya, karakter Cina masih sering digunakan.

Jika Anda membaca surat kabar dari tahun 1950-an dan 1960-an, Anda akan melihat campuran karakter Cina dan Hangul. Mulai tahun 1970-an, penggunaan karakter Cina menurun. Saat ini, hampir semua bahasa Korea ditulis dalam bahasa Hangul.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Be here now

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image