Usia Rata-rata Lansia di Seoul Adalah 72 Tahun

News  
Warga lansia menunggu untuk naik lift di Stasiun Myeongdong. Foto: Fergi Nadira
Warga lansia menunggu untuk naik lift di Stasiun Myeongdong. Foto: Fergi Nadira

안녕하세여, 친구들 (Annyeonghaseyo, chingudeul)...

Survey pemerintah kota metropolitan Seoul di Korea Selatan (Korsel) menunjukkan bahwa usia warga lanjut usia atau lansia rata-rata di Seoul adalah 72,6 tahun. Menurut survey tersebut, usia rata-rata warga lansia naik 7,6 tahun lebih tua dari usia resmi mereka yaitu 65 tahun.

Melansir laman Korea Times, Selasa (7/2/2023), Pemerintah Kota Seoul melakukan survei terhadap 3.010 laki-laki dan perempuan berusia di atas 65 tahun yang tinggal di ibu kota selama dua bulan. Survei dilakukan sejak Juni tahun lalu.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Adapun tujuan survei ini untuk melihat kondisi aktual lansia dan menetapkan kebijakan sebagai persiapan menghadapi masyarakat lanjut usia. Angka yang dirilis pada Senin (6/2/2023) ini juga lebih tinggi dari 70 tahun, usia senior baru yang diusulkan yang memenuhi syarat untuk naik kereta bawah tanah gratis.

Baru-baru ini, isu meningkat secara nasional untuk usia kelayakan naik kereta bawah tanah gratis akan dinaikan. Saat ini usia untuk persyaratan gratis naik kereta ditetapkan pada 65 tahun.

Survei tersebut menemukan bahwa 83,7 persen responden menggunakan smartphone dan 1 dari 4 sebagian besar menggunakan internet untuk mendapatkan informasi yang diperlukan.

Survey juga menunjukkan 41,6 persen lansia masih bekerja, naik 6,5 poin persentase dari 2018, dan pendapatan bulanan rata-rata mereka adalah 1,94 juta won (1.560 dolar AS).

Sekitar 12 persen dari semua responden mengatakan mereka menderita gejala depresi dalam seminggu terakhir. Rata-rata jumlah penyakit kronis yang mereka derita selama lebih dari tiga bulan adalah 1,9.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Be here now

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image