Cerita Cosplayer di Jak-Japan Matsuri 2023, Buat Kostum Sendiri!

News  
Dok: meiliza laveda
Dok: meiliza laveda

JAKARTA -- Festival budaya Jak-Japan Matsuri (JJM) kembali digelar tahun ini di JIExpo, Kemayoran selama dua hari, 18-19 November 2023. Acara ini menjadi wadah bagi pecinta budaya Jepang, salah satunya penggemar anime untuk berkumpul dan cosplay seperti Nuga. Di JJM hari pertama, dia cosplay menjadi Asta, karakter di anime Black Clover.

"Aku hari ini jadi Asta dari Black Clover. Nge-cosplayin dia karena filosofi animenya. Walaupun sering di-understimate, Asta pantang menyerah," kata Nuga saat ditemui di JIExpo, Sabtu (18/11/2023).

Dalam anime, Asta diceritakan menjadi satu-satunya karakter yang tidak memiliki kekuatan sihir. Dia pantang menyerah hingga mendapat kekuatan iblis.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Selain cospay, Nuga nantinya juga ingin bertemu dengan cosplayer-cosplayer lain. Dia baru sekitar satu tahun terjun dalam dunia cosplay.

Meskipun terbilang baru, ada hal unik yang membuat Nuga berbeda dengan cosplayer lain, yaitu memproduksi kostum sendiri.

"Kostumnya aku buat sendiri. Jahit sendiri, dari sayap sampai baju. Masing-masing item persiapannya kurang lebih sebulan," ujarnya.

Dia lebih menyukai membuat kostum sendiri lantaran sering menemukan kostum rental tidak sesuai dengan ukurannya.

"Kalau rental suka nggak sesuai. Jadi bikin sendiri aja, dibantu sama teman juga. Tapi konsepnya sendiri," ucapnya.

Sebelumnya, festival budaya Jak-Japan Matsuri (JJM) 2023 kembali digelar selama dua hari pada 18-19 November di Gambir Expo, area JIExpo, Kemayoran, Jakarta. Kali ini JJM diselenggarakan oleh Yayasan Jabat Hati Jepang Indonesia dan didukung oleh Kedutaan Besar Jepang di Indonesia, Misi Diplomatik Jepang untuk ASEAN, dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

JJM mendatangkan sejumlah artis Jepang dan lokal, seperti Yama, Da-Ice, Salma Salsabil, Ramengvrl, Ballistik Boyz, Psychic Fever, JKT48, SKE48, dan banyak musisi lainnya. n meiliza laveda

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Vincent van Gogh, anime, and lo-fi

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image