Demam Drakor Zombie, Ada yang Ngeri Hingga Komedi

Umum  
Instagram Netflix
Instagram Netflix

Hai Chingudeul

Beberapa waktu terakhir ini, penikmat serial maupun film banyak membicarakan drama korea All of Us Are Dead. Serial thriller dari Netflix bertema zombi ini berhasil menyedot perhatian penonton tidak hanya di Korea Selatan, tetapi juga berbagai negara di dunia.

Sejak dirilis pada 28 Januari 2022, All of Us Are Dead langsung menduduki peringkat teratas dalam daftar film di Netflix. Bahkan disebut-sebut, kesuksesan All of Us Are Dead ini menyamai drama korea sebelumnya Squid Game yang lebih dahulu mendunia.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

All of Us Are Dead ini bercerita mengenai sekelompok anak sekolah di Korea yang terperangkap di sekolah dan harus berjuang bertahan hidup karena sekolahnya menjadi tempat penyebaran wabah zombi. Mereka harus berjuang bersama hingga bantuan tiba.

Namun, dramatisasi kengerian dan menegangkan berhasil ditonjolkan dalam serial ini, mulai adegan berdarah-darah, kostum, riasan hingga mimik wajah para pemain.

All of Us Are Dead sendiri bukanlah drama zombie pertama di industri drama maupun film korea. Sebelumnya, sudah ada serial maupun film bertema zombie yang juga menyita banyak perhatian penikmat drakor maupun film. Mungkin karena serial thriller bertema zombie ini bisa menjadi alternatif apabila sedang bosan menonton genre drakor lainnya.

Lalu drakor atau film apa saja yang juga mengangkat tema soal zombie ini?

Allkpop
Allkpop

Kingdom (2019)

Sebelum booming All of Us Are Dead, sudah ada serial zombie korea lainnya yang sukses yaitu Kingdom. Bahkan karena kesuksesannya, drakor original dari Netflix ini juga sampai dibuat dua season, yakni Kingdom (2019) dan Kingdom Ashin of the North (2020).

Kingdom juga disebut-sebut menjadi drama zombie korea terbaik saat ini. Kingdom menceritakan kengerian wabah misterius hidupnya kembali orang yang sudah meninggal di era Kerajaan Joseon. Diceritakan di dalam serial tersebut, bagaimana Putra Mahkota Lee Chang (diperankan aktor Ju Ji Hoon) berjuang menemukan cara menghentikan wabah tersebut. Di saat yang sama, ia juga hendak mencari tahu apa yang terjadi pada ayahnya, tetapi justru terjebak dalam wabah zombie.

Karena kesuksesan serial ini, banyak penonton juga mengharapkan adanya Kingdom season 3

IMDb
IMDb

Train To Busan (2016)

Jauh sebelum demam serial zombie korea, pada 2016 sudah ada film bertemakan zombie yang juga sukses besar yakni Train To Busan. Meski bukan serial, film ini justru menjadi titik balik film Korea bertema zombie yang berhasil menembus pasar lokal Korea Selatan sendiri maupun internasional. Sebelum Train To Busan, banyak film zombie di Korea yang gagal dan kurang diminati penonton.

Film yang dibintangi aktor-aktor terkenal seperti Gong Yoo, Ahn So Hee, Ma Dong Seok ini bercerita mengenai seorang ayah bernama Seok Woo(Gong Yoo) yang ingin mewujudkan keinginan putrinya untuk bertemu ibunya di tengah wabah zombie yang saat itu sedang meluas di Korea Selatan. Namun, dalam perjalanan, mereka diserang zombie dan berupaya bertahan hidup untuk menyelamatkan putrinya.

Instagram tvN
Instagram tvN

Happiness (2021)

Drama korea tentang zombie yang juga masih hangat dibicarakan, sebelum All of Us Are Dead rilis, adalah Happiness. Tak semanis judulnya yang berarti kebahagiaan, drama korea ini juga masuk dalam genre thriller dan aksi.

Drama yang menandai comebacknya Han Hyo Jo dan Park Hyung Sik ini bercerita mengenai perjuangan sekelompok warga yang tinggal di kompleks apartemen melawan virus zombie yang sedang wabah di Korea Selatan. Namun, yang unik dari drama ini ditampilkan bagaimana virus baru ini muncul di tengah situasi terkini yakni Pandemi Covid-19.

Berbeda dengan drakor bertema zombie kebanyakan yang menceritakan kengerian, drama ini lebih menonjolkan bagaimana karakter masing-masing warga apartemen bertahan hidup saat mengadapi wabah. Karakter yang ditampilkan relate dengan kehidupan, dimana ada mereka yang patuh, tidak patuh, percaya, tidak percaya, egois, bahkan ada yang berupaya memanfaatkan situasi di tengah wabah.

Soompi.com
Soompi.com

Dark Hole (2021)

Dark Hole menjadi drama korea berikutnya yang menceritakan kisah manusia yang berubah menjadi mutan karena disebabkan oleh asap gelap dari lubang pembuangan misterius. Mereka yang terinfeksi dari asap gelap pembuangan ini kemudian berperilaku seperti zombie dan menyerang siapapun yang dilihatnya. Drama korea dengan 12 episode ini dibintangi oleh Kim Ok Vin dan Lee Joon Hyuk.

viu.com
viu.com

Zombie Detective (2020)

Drama korea lainnya yang juga mengangkat tema tentang zombie adalah Zombie Detective. Namun, tidak seseram namanya, Zombie Detective ini tidak seperti serial tentang zombie umumnya yang menceritakan tentang kengerian wabah zombie, justru lebih menonjolkan sisi humor dan komedi.

Zombie Detective berita tentang seseorang zombie yang sudah meninggal kemudian hidup lagi. Zombie yang diperankan oleh Choi Jin Hyuk ini kemudian menyamar dan berupaya ingin terlihat seperti manusia normal, yang kemudian membuatnya memulai hidup baru sebagai seorang detektif.

IMDb
IMDb

Alive (2020)

Film Korea bertemakan zombie lainnya ada juga Alive yang dirilis pada 2020 lalu. Film yang dibintangi oleh aktor Yoo Ah In dan Park Shin Ye ini bercerita mengenai sebuah kota yang kacau balau karena terserang wabah misterius. Mereka yang terinfeksi kemudian berperilaku seperti zombie.

Diceritakan bagiamana dua tokoh yakni Oh Jun-u (Yoo Ah-in) dan Kim Yu-bin (Park Shin-hye) berjuang menyelamatkan diri dari orang-orang yang sudah terinfeksi virus tersebut, dengan peralatan seadanya.

Peninsula (2020)

Film lainnya yang juga mengangkat soal wabah zombie adalah Peninsula. Film yang dirilis pada 2020 ini disebut sebagai sekuel Train To Busan. Namun, berbeda dengan Train To Busan yang lebih menonjolkan penyerangan zombie dan perjuangan menyelamatkan diri, Peninsula lebih banyak menggambarkan aksi pertarungan sesama manusia untuk bertahan hidup.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Memberi dan menerima

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image