Pidato Kepresidenan di Akhir Masa Jabatannya, Moon Jae-in Bangga pada BTS

Korea  
Photo cr: Sagunin
Photo cr: Sagunin

Chingudeul, Army!

BTS masih menjadi pembicaraan di negaranya sendiri dan dunia. Baru-baru ini Presiden Korea Selatan (Korsel) Moon Jae-in menyinggung kekuatan dari tujuh pemuda warganya yang mengharumkan nama Korsel ke seluruh penjuru Bumi.

Hal itu dipaparkan Moon dalam pidato kepresidenan di akhir masa jabatannya pada Selasa (1/3/2022) waktu setempat. Pidato presiden juga dalam rangka memperingati 103 tahun Gerakan Kemerdekaan 1 Maret di The National Memorial of the Korean Provisional Government di Seodaemun-gu, Seoul. Aula peringatan, yang dibuat sebagai bagian dari janji presiden Moon, dibuka untuk pertama kalinya pada hari itu.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

"Hallyu, yang diwakili oleh Kpop berhasil meliput seluruh dunia. Lalu mengenai fenomena BTS, Forbes mengatakan itu adalah 'normal baru'," kata Moon dalam pidatonya.

Ia juga menyinggung tentang bagaimana harapan tokoh negara Baekbeom atau Kim Gu akan sebuah negara dengan kekuatan budaya tinggi yang dipenuhi oleh seni dan budaya Korea. "Satu-satunya harapan saya adalah negara saya akan mempertahankan budaya yang mulia, karena itu akan memberikan kebahagiaan tidak hanya kepada kami (orang Korea), tetapi juga kepada orang lain," demikian kutipan terkenal Kim Gu. Kim Gu adalah tokoh kemerdekaan Korsel yang sangat terkenal.

Presiden Moon pun tidak menyangka bahwa budaya dan seni negaranya akan sukses dikenal dunia. "Rasanya seperti mimpi yang jauh. Hari ini, bagaimanapun, kami berhasil membuatnya," kata Presiden.

"Budaya dan seni kami telah mengubah tradisi dan budaya modern dengan cara baru dalam mangkuk yang disebut Korea. Kami sekarang membuat mimpi yang dimiliki nenek moyang kami seabad yang lalu menjadi kenyataan, menggerakkan orang di seluruh dunia," imbuhnya.

Tidak hanya BTS, Moon juga membanggakan presitasi negaranya di bidang perfilman. Film "Parasite" memenangkan hadiah utama di Cannes dan Academy Awards.

Game, webtoon, dan animasi kami dicintai oleh dunia, dan drama seperti "Squid Game" sukses membuat dunia terpana. Di bidang-bidang seperti musik klasik Barat dan balet, bakat orang Korea juga dipuji oleh orang-orang di seluruh dunia.

"Hasil ini dimungkinkan oleh perpaduan yang harmonis antara passion dan semangat tokoh-tokoh budaya dan seni kita di setiap bidang," kata Moon.

Photo: Google
Photo: Google

“Parasite,” sebuah drama Korea yang disutradarai oleh Bong Joon-ho, menerima beberapa penghargaan di pengharagaan internasional setelah dirilis pada 2019, termasuk Screen Actors Guild Award (SAG). Parasite membuat sejarah sebagai film Korea pertama yang menerima penghargaan Golden Globes.

Sementara itu, serial hit Netflix "Squid Game" baru saja memenangkan tiga dari empat nominasi bersejarah yang diterimanya di SAG Awards pada hari Minggu.

Moon membawa BTS bersamanya ke Majelis Umum PBB sebagai "Utusan Khusus Presiden untuk Generasi dan Budaya Masa Depan" pada September 2021. Selain menjadi grup K-pop pertama yang berpidato di PBB pada tahun 2018, RM, Jin, Suga, J-Hope, Jimin, V, dan Jungkook juga berpidato di Majelis Umum PBB, bergabung dengan jajaran artis seperti Beyonce dan Shakira.

Photo: Soompi
Photo: Soompi

Wah keren banget ya budaya dan seni Korsel!!! Semoga Indonesia bisa belajar dari kesuksesan seni dan budaya negara sahabatnya, ya.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Be here now

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image