Kebiasaan Makan Orang Korea yang Muncul di Drakor

Kuliner  

Hai Chingudeul!

Setiap negara memiliki budaya dan kebiasaan makan berbeda, seperti halnya Korea Selatan. Tidak ada salahnya juga mengetahui kebiasaan makan orang Korea manakala suatu saat kamu mengunjungi negara tersebut atau dijamu oleh kerabat dari Korea.

Apalagi budaya Korea Selatan saat ini telah menyebar secara global seiring dengan gelombang Hallyu melalui K-drama maupun K-Pop.

Kalau kamu sering nonton drama Korea tentu sering mengamati kebiasaan orang Korea Selatan saat makan. Mulai menggunakan sumpit, makan ramyeon langsung dari panci hingga menuangkan minuman ke teman.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Lantas apa saja kebiasaan makan orang Korea yang tergambar dalam drama Korea?

1. Mengucapkan ungkapan terimakasih sebelum makan

Orang Korea Selatan memiliki kebiasaan mengucapkan terimakasih sebelum menyantap makanan sebagai bentuk menghargai atas makanan yang disediakan. Biasanya mereka akan mengucapkan 'jal meokkessumnida' yang artinya 'terimakasih atas makanannya' atau berarti 'aku akan makan dengan baik'.

2. Meletakkan sendok dan sumpit di samping piring

Kebiasaan lain yang sering dilihat dalam drama, orang Korea Selatan menggunakan sumpit dan sendok saat makan. Sumpit biasanya untuk mengambil lauk atau mi, sedangkan sendok untuk nasi dan juga makanan berkuah.

Orang Korea biasanya bergantian saat menggunakan sendok dan sumpir sebagai etika kesopanan. Saat selesai menggunakan sendot atau sumpit, tidak kemudian ditaruh di atas piring atau mangkuk atau ditancapkan ke dalam makanan. Biasanya, sendok dan sumpit diletakkan rapi di samping piring atau mangkuk.

Bagi mereka, menaruh sendok atau sumpit di atas makanan dianggap membawa sial.

3. Makan ramyeon di panci atau tutup panci

Makan di panci atau tutup panci mungkin terdengar aneh bagi kita orang Indonesia. Namun, tidak halnya di Korea Selatan. Kebiasaan orang Korea saat makan mi instan atau ramyeon langsung di pancinya tanpa memindahkan ke mangkuk. Biasanya mereka memindahkan ke mangkuk kecil hanya saat makan bersama-sama. Jika sendiri, biasanya menggunakan tutup panci sebagai tempat tatakan.

Kebiasaan ini juga sering kita lihat di drama Korea saat orang Korea makan mi.

4. Menuangkan minuman

Saat menuang minuman biasanya orang Korea mengisi gelas teman sebelahnya lebih dahulu, khususnya bagi yang lebih tua. Karena itu, jika melihat gelas rekan sebelahnya kosong, mereka lebih dahulu menuangkan minuman sebelum mengisi gelas sendiri. Namun, biasanya, orang lain akan reflek menuangkan gelas ke temannya tersebut.

5. Menaruh makanan di piring kecil

Saat memakan hidangan yang disediakan, biasanya orang Korea mengambil dan menaruhnya di piring kecil atau mangkuk terlebih dahulu, baru kemudian memakannya. Sebab, memakan langsung dari piring lauk dianggap tidak sopan.

Meski demikian, saat menyantap makanan dari piring kecil tersebut, piring tetap diletakkan di atas meja.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Memberi dan menerima

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image