7 Idola K-Pop Ini Punya Karir Lain, Ada Suga BTS dan Zico

Musik  
Zico/ Suga BTS
Zico/ Suga BTS

Annyeong, chingudeul!

Seperti yang kita tahu, menjadi bintang K-pop adalah karir yang melelahkan yang membutuhkan pelatihan bertahun-tahun yang panjang dan sulit. Namun, beberapa idola tidak hanya fokus pada pekerjaan utama mereka sebagai bintang K-pop, mereka juga memperluas wawasan dan mengembangkan diri untuk menempuh karir lain secara profesional.

Beberapa profesi sampingan yang banyak digeluti para idola di antaranya akting, modeling, dan MC. Tidak hanya itu, banyak juga yang merambah ke bidang yang lebih jauh lagi seperti ke industri bisnis, makanan dan lainnya. Berikut beberapa idola K-Pop yang sebagian besar berfokus pada profesi yang berkembang melalui dan di luar industri hiburan, dilansir di Soompi:

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

1. Suga BTS – Produser

Keterampilan memproduksi Suga telah dikenal sejak awal sebagai anggota BTS. Saat karir grup ini berkembang, rapper BTS tersebut mulai memproduksi musik untuk artis lain selain rekan satu labelnya. Suga telah memenangkan penghargaan musik berkat bakatnya yang luar biasa. Beberapa artis yang dia (co-)produseri adalah “Wine” milik Suran, “Eight” milik IU, dan “Eternal Sunshine” milik Epik High.

2. Sandara Park – YouTuber

Sandara Park dikenal memiliki berbagai bakat sepanjang karirnya. Tidak mengherankan jika dirinya bisa bertahan lama di industri hiburan. Tetapi itu tidak menghentikannya untuk menambahkan satu lagi ke dalam lemari bakatnya. Saat ini, sang idola memiliki saluran YouTube yang cukup interaktif di mana dia me-reboot "2NE1 TV" menjadi "Dara TV" untuk berbagi bagian kesehariannya, baik pribadi maupun profesional.

3. Zico – CEO

Bagian terbaik dari menjadi idola yang sudah ada sejak lama adalah mereka dapat memanfaatkan pengalaman mereka untuk memulai perusahaan mereka sendiri. Zico pasti belajar banyak dan telah menjadi CEO labelnya KOZ Entertainment sejak 2019, di mana ia akan fokus pada karirnya sendiri sambil mengelola artis lain dalam prosesnya. Dvwn (Read Dawn) adalah artis pertama yang menandatangani kontrak dengan agensi Zico.

4. Tablo Epik High – Penulis

Tablo adalah salah satu musisi paling puitis dan bijaksana yang ada baik di dalam negeri maupun internasional. Dengan pemikiran ini, wajar jika bakat lirisnya meluas ke buku-buku yang ditulis sepenuhnya. Rapper ini telah menerbitkan tidak hanya satu tetapi dua buku, yang dirilis dalam bahasa Korea dan Inggris.

Diterbitkan pada tahun 2008, buku pertamanya berjudul “Pieces of You,” dan berisi kumpulan cerita pendek. Delapan tahun kemudian, "BloNote" menjadi hidup, membawa kembali beberapa kutipan Tablo yang paling berkesan dari "Tablo's Dreaming Radio," acara radionya.

5. Eric Nam – Podcaster

Eric Nam adalah pria dengan banyak talenta, dan dia tidak segan-segan membagikannya kepada para penggemarnya. Dalam podcastnya “Daebak Show,” dia membagikan pengetahuannya tentang sisi luar biasa dari industri K-pop dan merayakan musik serta sejarah di baliknya. Tak perlu dikatakan, acara ini sukses besar dan memiliki pengikutnya sendiri. Chingudeul belum pernah mendengarkan podcastnya? Ayo coba didengarkan, pasti nggak akan menyesal!

6. Jessi – Pembawa acara talk show

Jessi selalu dikenal karena spontanitas, keaslian, dan keliarannya. Ketiganya di antara banyak sifat luar biasa lainnya merupakan resep sempurna untuk acara bincang-bincang yang menghibur. Pemirsa juga dapat menikmati menonton perubahan sikap Jessi sesuai dengan tamu selebriti yang diundang di setiap episode. Satu hal yang pasti: dijamin akan selalu tertawa!

7. Fei miss A – Koki

Untuk beberapa idola, bakat jauh di luar industri hiburan dan ke dapur. Seperti halnya Fei, yang keterampilan kulinernya yang luar biasa membuatnya mendapat tempat di banyak acara memasak. Dia mendapat peringkat sebagai runner-up di “Master Chef Korea Celebrity” dan “Cook King Korea” pada tahun 2013 dan 2014.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Just a writer.

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image