Tim On Going Drama Atau Marathon? Ini Kelebihan dan Kekurangannya!

Korea  

Chingudeul

Penggemar drama Korea Selatan pasti familiar dengan istilah on going drama atau marathon drama. Istilah ini adalah gaya menonton drama, baik mengikuti episode demi episode yang masih tayang di Korea sana atau menunggu hingga drama tuntas dan menontonnya secara marathon.

Sebetulnya tidak ada aturan khusus untuk menikmati drama, tapi istilah tim on going dan marathon drama ini muncul saat ini di tengah gelombang Hallyu makin mewabah di seluruh dunia. Karena perkembangan teknologi, drama yang sedang tayang di Korea Selatan, bisa segera ditonton penonton drama internasional.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Terlebih, adanya aplikasi streaming film yang sudah bekerjasama dengan stasiun TV Korea Selatan. Sehingga, tidak seperti zaman dahulu, menunggu drama Korea Selatan selesai, baru bisa ditonton penonton luar Korea.

Lalu apa saja kelebihan dan kekurangan dari tim on going drama dan marathon drama? Simak ulasannya

On Going Drama

1. Menghindari Spoiler

Tidak sedikit penonton drama menjadi tim on going drama karena ingin menghindari spoiler. Adanya sosial media saat ini membuat semua informasi mudah didapat, begitu halnya sebuah tayangan film atau drama.

Apalagi, kemajuan teknologi mesin pencari saat ini membuat pembahasan tertentu muncul di beranda yang berkaitan tema apa yang sedang dicari. Nah, spoiler seperti ini tentu agak menjengkelkan bagi sebagian penikmat drama Korea. Karena itu, menonton on going drama menjadi pilihan bagi mereka.

2. Merasakan Euforia Drakor Sedang Hit

Salah satu kelebihan menonton drakor dengan on going adalah bisa merasakan euforia drama yang sedang tayang. Biasanya, drama ini adalah drama yang sedang hit baik di Korea Selatan maupun internasional dan menjadi buah bibir para penikmat drama.

Mereka yang on going drama ikut merasakan keriuhan dan berspekulatif terhadap jalan cerita drama selanjutnya. Bahkan, bisa berinteraksi langsung dengan penggemar drama lainnya yang juga sedang membahas drama yang sama. Kalian yang berada di tim on going akan merasakan penasaran massal terhadap drama ini di seluruh dunia.

3. Lebih Up to Date

Kelebihan lainnya menonton drama on going, tentunya kalian tim yang lebih up to date tentang jalan cerita sebuah drama. Meskipun ditonton sepekan sekali, kalian masih lebih tahu dibandingkan tim marathon drama si penunggu seelsai.

Plusnya, kalian bisa menjadi orang yang bisa ditanya mengenai rekomendasi dan sudut pandang suatu drama bagi mereka yang belum nonton.

4. Harus Sabar

Salah satu kekurangan drama On Going ini harus rela digantung setiap pekan. Jadi tim ini harus sabar karena mengikuti episode per episode yang sedang tayang di Korea Selatan. Apalagi jika jalan cerita sedang seru-serunya kemudian bersambung, kalian harus menunggu hingga pekan depan.

Kesabaran akan tambah diuji jika stasiun tv memberikan gambar spoiler yang tidak sesuai dengan harapan kalian di detik-detik penayangan. Atau terkadang, stasiun tv menunda penayangan karena ada siaran penting atau darurat lainnya.

Marathon Drama

Untuk marathon drama ini, kebalikan dari tim on going yang butuh sat set sat set. Tipe penikmat drama tim ini biasanya adalah tim yang ingin bersantai menonton drama.

Dengan menonton drama menunggu seluruhnya tayang, tim marathon biasanya enggan ikut dengan keriuhan dan spekulasi drama. Mereka juga tim yang enggan menonton sepotong-potong per episode sepekan sekali. Tidak sedikit alasannya, karena takut lupa dengan episode sebelumnya jika jeda terlalu lama.

Karena sudah punya bayangan dramanya, mereka tim yang tinggal duduk manis menyaksikan tayangan hingga rampung. Biasanya tim ini menyaksikan dalam waktu 2-3 hari tanpa harus menunggu setiap pekan.

Hanya saja kekurangannnya, tim marathon harus sabar dan tahan dengan spoiler bertebaran drama yang sedang tayang. Selain itu, tim marathon juga bisa menghabiskan waktu seharian untuk nonton drama secara terus menerus.

Nah, itu kelebihan dan kekurangan tim on going maupun marathon. Meski begitu, tidak ada masalah mau memilih menjadi penonton on going maupun marathon drama bagi penggemar drakor.

Bahkan, kadang para penonton drama bisa melakukan keduanya, ya on going ya marathon drama. Apalagi jika banyak drama yang sedang bagus dan tidak bisa ditonton sekaligus. Apapun pilihan menontonnya, yang penting bahagia ya Chingudeul

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Memberi dan menerima

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image