Song Yoon-Ah dan Sol Kyung-Gu Sumbang 50 Juta Won untuk Korban Gempa Turki dan Suriah

News  
Aktris asal Korea Selatan, Song Yoon-Ah bersama pasangannya, Sol Kyung-Gu memberikan sumbangan sebesar 50 juta won untuk korban gempa di Turki dan Suriah. Foto: Naver
Aktris asal Korea Selatan, Song Yoon-Ah bersama pasangannya, Sol Kyung-Gu memberikan sumbangan sebesar 50 juta won untuk korban gempa di Turki dan Suriah. Foto: Naver

Annyeong haseyo, chingdeul!

Salam sehat dan bahagia.

Gempa bumi yang terjadi pada Senin (6/2/2023) telah menyisakan duka bagi masyarakat dunia. Hal ini tidak terkecuali masyarakat Indonesia termasuk Korea Selatan.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Dilansir dari laman Allkpop pada Senin (13/2/2023), sejumlah artis di Korea Selatan dilaporkan telah berbondong-bondong memberikan bantuan untuk para korban gempa di Turki dan Suriah. Dua di antaranya berasal dari pasangan artis Korea Selatan, Song Yoon-Ah dan Sol Kyun-Gu.

Laporan ini sebelumnya disampaikan oleh komite Korea untuk UNICEF. Lembaga tersebut mengungkapkan, pasangan tersebut telah menyumbangkan 50 juta won untuk membantu para korban. Jumlah ini jika dirupiahkan setara dengan Rp 597 miliar.

Kepala Kantor PBB untuk Urusan Kemanusiaan Martin Griffiths memperkirakan, jumlah korban tewas akibat gempa yang mengguncang Turki dan Suriah dapat berlipat ganda atau menembus 50 ribu jiwa. Sejauh ini, total kematian di kedua negara tercatat telah mencapai 28 ribu orang.

Pada 6 Februari lalu sekitar pukul 04:17 waktu setempat, gempa bermagnitudo 7,8 mengguncang Turki. Menurut otoritas penanggulangan bencana Turki, AFAD, pusat gempa berada di Distrik Pazarcik di Provinsi Kahramanmaras. Gempa terjadi pada kedalaman tujuh kilometer.

Beberapa menit kemudian terjadi gempa susulan bermagnitudo 6,4 dan 6,5 yang berpusat di Nurdagi, Provinsi Gaziantep. Selain di Gaziantep, gempa susulan turut terasa di beberapa wilayah lainnya di Turki, antara lain Sanliurfa, Diyarbakir, Adana, Adiyama, Malatya, Osmaniye, Hatay, dan Kilis. Turki mencatatkan lebih dari 70 gempa susulan.

Suriah juga turut diguncang dan terdampak oleh gempa yang berpusat di Turki. Terdapat lima wilayah di Suriah yang terdampak masif oleh gempa Turki, yakni Aleppo, Latakia, Hama, Homs, dan Tartus.

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image